oleh

Bawaslu Usut Keterlibatan Tahmid Wahab di Timsus Capres

TERNATE-Badan Pengawas Pemiihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara, telah membentuk tim investigasi soal keterkaitan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Utara (Malut), Tahmid Wahab dengan salah satu paslon Capres-Cawapres.

“Kita sudah bentuk tim untuk melakukan investigasi terkait keterlibatan Tahmid,” ungkapnya.

Sebab lanjut Muksin Amrin, investigasi dilakukan selain sebagai protap dalam penanganan suatu kasus, karena Bawaslu baru mengantongi bukti foto, sementara tidak diketahui lokasi kegiatan itu di hotel mana dan siapa-siapa saja yang hadir.

“Berikan kami waktu beberapa hari kedepan untuk melakukan investigasi. Dan apabila ditemukan bukti maka kami jadikan ini sebagai temuan untuk diproses,” jelas Muksin.

Bawaslu juga, lanjut Muksin akan memanggil beberapa saksi untuk dimintai keterangan, terutama pelaksan kegiatan yakni Aliansi Anak Negeri Indonesia Timur. Apakah kehadiran Tahmid Wahab atas keinginan sendiri atau dilibatkan.

“Kita lihat hasilnya, apakah dia hadir atas keinginan sendiri atau dilibatkan,” tandas Muksin.

Jika dalam aturan kehadiran Tahmid Wahab yang merupakan pejabat di Provinsi, maka tak hanya Tahmid yang kena pidana, akan tetapi ketua relawan Aliansi Anak Negeri Indonesia Timur, Akmal Iskandar Alam juga dapat dijerat dengan pelanggaran Pidana Pemilu.

“Koordinatornya akan dipidana karena melibatkan ASN sebagaimana diatur dalam pasal 280 UU nomor 7 tahun 2017. Begitu juga jika kehadiran Tahmid atas inisiatifnya sendiri maka akan dipidana sebagaimana aturan yang berlaku,”ungkapnya.

Sebab Aliansi kata Muksin Amrin termasuk tim kampanye, sehingga dikaitkan dengan Pasal 280 UU nomor 7 tahun 2017 secara tegas melarang tim kampanye melibatkan ASN.

“Kalau Aliansi melibatkan ASN, maka Akmal dan Tahmid keduanya kena Pidana. Dan jika Tahmid hadir inisiatif sendiri maka juga akan dipidana,” tegas Muksin.

Tahmid Wahab diduga jadi tim sukses (Timses) Jokowi-Ma’ruf. Hal ini diperkuat dengan kehadiran Tahmid dalam rapat konsolidasi tim kampanye capres dan cawapres nomor urut 1, di Muara Hotel Ternate, Kamis (28/3/2019) malam.

Bahkan Tahmid terlihat tampil di depan bersama sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Provinsi Malut Hamid Usman, Sekretaris DPD PDIP Malut Asrul Rasyid Ichsan dan Ketua relawan Aliansi Anak Negeri Indonesia Timur Akmal Iskandar Alam. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed