oleh

Bawaslu Ternate Ajak Pers Sinergi Awasi Pemilu 2019

TERNATE,MSCBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate dalam mewujudkan pilpres dan pileg 2019 yang berkualitas dan berintegritas. Llembaga pengawas pemilu itu mengajak insan pers yang tergabung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Utara dan Aliansi Jurnalis Indoenden (AJI) Kota Ternate untuk bersinergi memantau Pemilu 17 April mendatang.

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan pada kesempatan itu berharap sinergintas pers dan Bawaslu yang selama ini sudah terjadi dapat juga dilakukan pada saat Pileg dan Pilpres 17 April 2019.

Kifli menjelaskan, kegiatan ini selain silaturahmi sekaligus mengajak rekan-rekan Pers untuk sinergitas dalam saling suport dalam pengawasan jelang Pemilu April 2019, juga maksimal melaksanakan pendampingan dalam mengawal pelaksanaan Pemilu agar dapat berjalan dengan aman dan damai.

“Tugas kita tidak berbeda jauh dalam hal pengawasan, terlebih hubungan baik yang sudah dibangun jauh sebelum pemilu serentak di tahun 2019 pada Pilgub. Pada Pemilu yang sebentar lagi selenggarakan dan dilaksanakan utama sinergi ini saling suport untuk dapat saling membantu, yang tidak mungkin dapat dilakukan sendiri dalam tugas Bawaslu, untuk itu ini upaya maksimal dalam mengajak insan pers bersama mengawasi Pemilu dan bersama Bawaslu kita dapat menegakan keadilan Pemilu,” jelasnya.

Kifli juga menghimbau apabila ada temuan penyalahgunaan kewenangan dilapangan untuk dapat segera menyampaikan informasi kepada Bawaslu, sebagai bentuk kepedulian dan pencegahan dalam menjaga Pemilu yang Demokrasi, Bersih Aman dan Damai, Tampa Politik Uang, Politisasi SARA dan Ujaran Kebencian.

“Untuk meminimalisir dugaan pelanggaran, kita wajib melakukan pencegahan. Jadi peran media dalam mensukseskan Pemilu 2019 ini sangat penting, dan Bawaslu menginginkan sinergi ini sebagai langkah pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan. Mari kita sama-sama turut mengawasi dan mengamankan Pemilu 2019 agar bersih, aman dan damai,”tuturnya.

Sementara Plt Ketua PWI Provinsi Maluku Utara, Halik Djokrora mengatakan, rasa terima kasihnya atas kedatangan Bawaslu Kota Ternate dalam menjaga sinergitas dengan media. Semoga Bawaslu Kota Ternate dapat menjalankan fungsinya, dan media sebagai fungsi informasi, edukasi dan kontrol sosial dapat sebagai sarana saran dan masukan untuk Bawaslu.

“Pada prinsipnya kesempatan ini sangat baik antara Bawaslu dengan media dapat untuk saling bersinergi, semoga dengan peranan media, Bawaslu dapat melihat media sebagai fungsi informasi, yang mengedukasi. Dimana tugas kontrol sosial media dapat sebagai saran pencegahan dan masukan untuk Bawaslu agar dapat menjalankan tugas lebih baik lagi,” ungkapnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed