oleh

Sikap DPRD Terhadap Empat Pejabat Melancong ke Luar Negeri

TOBELO,MSC-Empat pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang melancong ke Canada, mendapat sorotan wakil rakyat. DPRD mempertanyakan anggaran perjalanan dinas mendampingi isteri bupati traveling ke mancanegara.

Ketua Komisi III DPRD Halut Sadrak Tongo Tongo kepada wartawan mengatakan, DPRD masih menunggu empat pejabat kembali dari eropa untuk mempertanyakan penggunaan anggaran perjalanan ke luar negeri.

“Kami sudah panggil Sekda, untuk meminta kejelasan terkait cuti tahunan yang jadwalnya sama dan di berikan kepada tiga orang unsur pimpinan dan satu kepala bidang. Kemungkinan ada APBD yang diduga mengalir untuk perjalanan ke luar negeri tersebut,”ungkap Sadrak usai rapat TPID, Selasa (14/5/2019).

Sementara itu Ketua Komisi II Janlis Kitong mengungkapkan, batas waktu pemberian cuti terhadap para pejabat yang saat ini masih berada di luar negeri. Sebab telah melewati batas waktu yang diberikan.

“Dalam aturan pemberian cuti tahunan yang hanya 12 – 14 hari, akan tetapi keberangkatan ke luar negeri sejak April 2019 lalu”, katanya.

Janlis Kitong juga sangat menyayangkan keterkaitan tugas pejabat-pejabat tersebut denga agenda nasional pemilu 2019. Harusnya pelaksanaan agenda nasional itu mereka berada di daerah dalam hal-hal berkoordinasi tupoksi mereka.

” Ketiga orang ini membawahi instansi yang sangat strategis guna berkoordinasi dengan pihak TNI-POLRI untuk menjaga Kamtibmas pada Pemilu 2019. Bukan justru meninggalkan daerah. Beruntung tidak terjadi Caos pada pemilu kali ini. Jika tidak, Mereka kami adukan ke BKN,”tegas Janlis.

Secara kelembagaan DPRD kata Janlis Kitong, telah disepakati untuk menegeluarkan rekomendasi untu pemecatan dari jabatan bagi empat pejabat yang melancong ke luar negeri.

“Rekomendasi itu juga akan kami kawal hingga dilakukan oleh Bupati. Jika tidak dilakukan, kami juga bakal mengeluarkan mosi tidak percaya kepada Bupati Frans Muhlis,” ancam Janlis Kitong.

Di Ketahui, Pejabat melakukan Plesir keluar Negeri yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Nyoter Koenoe, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar F. N. Sahetapy, Kepala Kesbangpol Wenas Rompis, dan Salah satu Kabid di Dinas Lingkungan Hidup  Yeni Rahamis. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed