oleh

Dispar Halmahera Utara Kebagian DAK Rp4,7 Miliar

TOBELO,MSC-Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Halmahera Utara mempunyai anggaran Rp 4,7 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) wisata. Anggaran tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara (Kadispar Halut) Syahril Djurumudi menjelaskan, penggunaan anggaran akan diprioritaskan untuk pengembangan sarpras di sejumlah tempat wisata. Tempat wisata yang menjadi atensi utama pembangunan tahun ini yaitu pembangunan Air Bersih di Dukono, Pembangunan Selter dan Pembangunan setapak untuk akses menuju ke puncak gunung Dukono.

“DAK dari pusat senilai Rp4,7 Miliar lebih diarahkan untuk pengembangan kawasan di Dukono”, kata Syahril Djurumudi, Senin (27/05).

Selain itu lanjut Syahril Djurumudi, pihaknya juga mendapatkan kucuran anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Revitalisasi Spot pariwisata di empat titik diantaranya, Pantai Pitu, Pulau Tulang, Mamuya dan Pantai Luari. “Kucuran DAU sebesar Rp300 juta untuk revitalisasi,”tandasnya

Wisata alam Gunung Dukono. Gunung Dukono terletak di Desa Mamuya, Kecamatan Galela, Halmahera Utara bagian Utara. Gunung Dukono memiliki tinggi 1185 m di atas permukaan laut (dpl), selain itu Gunung Dukono juga memiliki banyak kawah-kawah gunung yang masih aktif menyemburkan lavanya yang merupakan perbedaan dengan gunung-gunung berapi lainnya di Indonesia. Kawah-kawah yang masih aktif tersebut adalah kawah Malupang-Warirang.

Gunung Api Dukono merupakan satu-satunya objek wisata alam yang merupakan gunung dan gunung api yang masih aktif hingga saat ini di Halmahera Utara. Oleh karena itu, walaupun sedikit berbahaya, Gunung Berapi Dukono merupakan objek wisata alam yang patut Anda kunjungi jika sedang berlibur ke Halmahera Utara. Walaupun banyak Gunung Berapi di Indonesia, namun sejarah Gunung Berapi Dukono yang sangat menarik dan aktivitas vulkanik yang sering terjadi sehingga para jika Anda mengunjungi Gunung Berapi Dukono dapat melihat secara langsung aktivitas vulkanik yang terjadi  pada Gunung Api.

Akan sangat banyak pengamalan dan keindahan alam yang Anda jumpai jika Anda berkunjung ke Gunung Api Dukono ini. Selain mengenal sejarah dan melihat aktivitas vulkanik yang tentunya hanya dapat dijumpai jika mendaki gunung  berapi, Anda juga dapat belajar mendaki gunung berapi yang tentunya juga akan sangat berbeda pendakian yang dilakukan jika mendaki gunung biasa. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed