oleh

Dinilai Ingkar Janji, Kades Lingkar Tambang Demo PT NHM

TOBELO,MSC-Sejumlah kepala Desa (Kades) lingkar tambang yang tergabung dalam Forum Kesatuan Aksi Kepala Desa Lingkar Tambang (KAKDLT) kembali melakukan aksi demo ke PT Nusa Halmahera Mineral (PT.NHM), pada Selasa (25/06/2019).

Dalam aksi tersebut mereka mendesak pihak Social Performance (SP) PT.NHM segera mencairakan anggaran Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) sesuai dengan kesepakatan pada 20 Mei 2019 lalu, termasuk meminta pencairan sisa dana bea siswa untuk para mahasiswa.

Selain itu aksi masa para kades tersebut juga memboikot kendaraan pengakut karyawan, sehingga menyebabkan seluruh karyawan PT. NHM yang menuju ke Gosowong terpaksa harus pulang ke rumah masing-masing karena dilarang keras oleh para Kades yang tergabung di dalam KAKDLT

Fahri Yamin selaku ketua Apdesi dalam orasinga mengatakan, aksi yang digelar adalah aksi damai, kedatangan mereka untuk menuntut haknya yang mana telah disepakati bersama oleh PT NHM.

“Kami akan pulang kalau rekomendasi sudah dikeluarkan. Sebagaimana kesepakatan pada tanggal 20 Maret 2019 lalu, Selain itu Dana mahasiswa untuk mahasiswa yang belum dicairkan sampai saat ini harus segera direalisasikan,”ucap Fahri Yamin.

Sementara itu orasi oleh Rafik U. Basirun lebih mengerucut pada persoalan hak masyarakat lingkar tambang  yang sesuai dengan undang-undang, namun tidak digubrik pihak PT.NHM.

“Hari ini kita menyuarakan hak-hak kita, kita tidak perlu takut, yang kita takutkan adalah perbuatan pidana, kita telah ditipu oleh pihak PT. NHM, kami sampaikan kepada pemerintah Propinsi Maluku Utara agar duduk dan realisasi hak-hak masyarakat,” tandasnya

Sementara itu Kapolres Halut AKBP. Yuyun Arief Kus Handriatmo melalui Kasubag Humas Aiptu Hopni Saribu mengatakan, aksi yang digelar kades lingkar tambang berjalan dengan damai, meski ada gangguan kecil seperti pembakaran ban bekas di depan pos sekurity PT. NHM. Namun Aksi sejak pukul 05.00 WIT hingga 20.00 WIT berjalan dengan aman.

“Masa ada yang masih mendiamkan diri di depan pintu masuk PT. NHM, begitu juga anggota kepolisian juga masih bersiaga di lokasi. Besok masa aksi masih melakukan aksi hingga tuntutan mereka direalisasikan oleh PT. NHM,”ungkap Aiptu Hopni Saribu. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed