oleh

Aksi Demo PT NHM Dapat Pengaruhi Keamanan Nasional

TOBELO,MSC-Kapolres Halut AKBP. Yuyun Arief Kus Handriatmo menuturkan aksi demo yang dilakukan sejumlah kepala desa dan masyarakat lingkar tambang di PT Nusa Halmahera Mineral (PT.NHM) dapat mempengaruhi situasi keaman nasional.

“Kita tahu bersama bahwa aksi unjuk rasa dari para kepala desa lingkar tambang tidak hanya mempengaruhi stabilitas keamanan di Halmahera Utara dan Provinsi  akan tetapi juga sampai ke Pusat. Ini menunjukan bahwa wilayah Halmahera Utara menjadi sorotan sampai ke tingkat pusat,”katanya.

Untuk itu dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Halmahera Utara agar bersama-sama turut menjaga situasi kamtimbas di daerah, agar tetap aman dan tentram.

“Peran penting dari seluruh elemen masyarakat dan Pemda setempat untuk bersama-sama membatu tugas pokok kepolisian demi stabilitas keamanan daerah Halmahera Utara yang kita cintai ini,”tandas Kapolres.

Seperti dikeyahui sebelumnya Forum Kesatuan Aksi Kepala Desa Lingkar Tambang Kab. Halut (KAKDLT) kembali melakukan aksi pemboikotan kendaraan angkutan karyawan PT NHM, sejak Selasa (25/06/2019).

Baca : https://www.malutsatu.com/2019/06/25/dinilai-ingkar-janji-kades-lingkar-tambang-demo-pt-nhm/

Massa yang terdiri dari beberapa desa juga melakukan aksi bakar ban dan mencoba membakar kantor security PT. NHM.

Dalam aksinya, ratusan massa mendesak pihak SP PT. NHM segera mencairkan anggaran PPM sesuai dengan kesepakatan pada 20 Mei 2019 lalu. Selain itu mendesak SP PT. NHM segera mencairkan sisa dari dana beasiswa untuk mahasiswa yang belum dicairkan hingga saat ini.

Akibat pemboikotan itu mengakibatkan karyawan PT NHM dari arah Kecamatan Kao dan Malifut tidak dapat masuk kerja dan terpaksa kembali ke rumah masing-masing.  (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed