oleh

KPU Haltim Butuh Rp28 Miliar Untuk Pilkada 2020

MABA,MSC-Untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tahun 2020, KPU Haltim mengajukan draft usulan anggaran untuk Pilkada serentak Tahun 2020 mendatang sebesar Rp 28 miliar.

Ketua KPU Haltim, Mamat Jalil mengatakan, agenda KPU Haltim bertemu Bupati Haltim yang diwakili Sekda Moh Abdu Nassar membahas terkait usulan anggaran Pilkada yang direncanakan sebesar Rp 28 Milyar.

“Agenda hari ini kita bertemu dengan pa sekda untuk bahas anggaran pilkada yang akan diusulakan oleh KPU Haltim,” kata Mamat, usai bertemu Sekda, Selasa (9/7) di Kantor Bupati Haltim.

Terkait usulan anggaran tersebut, kata Mamat telah direspon baik oleh Sekda dan menyebutkan bahwa selama anggaran itu dapat dipertanggungjawabkan oleh KPU maka Pemkab bakal membiaya itu.

Lanjut dia, besaran anggaran tersebut KPU akan menyurat kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dibahas bersama, termasuk rasionalisasi anggaran dan tahapan persiapan untuk penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Kami juga sampaikan ke Sekda, pengalaman Pilkada 2015 itu KPU tidak diundang untuk pembahasan bersama, maka Pilkada 2020 ini KPU harus dilibatkan,” ujar Mamat.

Anggaran Rp 28 miliar ini peruntukan terbanyak di badan penyelenggara yang hampir 60 persennya. Untuk pengadaan dan distribusi logistik sekitar 18-20 persen, dan lainnya di antaranya untuk kampanye, sosialisasi, pemutakhiran data pemilih, advokasi hukum, dan audit dana kampanye.

Pada Kesempatan itu selain bertemu Sekda Haltim KPU juga mengagendakan bertemu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Haltim untuk membahas hal yang sama.

“Jadi hari ini agenda KPU ada dua yakni bertemu Sekda dan DPRD untuk bahas anggaran pilkada 2020,” katanya.

Hadir dalam pertemuan itu Ketua KPU Haltim Mamat Jalil didampingi empat Komisioner Rahmawati B Bangsa, Mudafir Lambutu, Ahmad Fauto dan Sukardi Lite. (can).

Bagikan

Komentar

News Feed