oleh

Halsel Masih Digoyang Gempa 5,3

TERNATE,MSC-Hingga mala mini pukul 19.35 (stengah delapan) masih saja terjadi gempabumi dengan kekuatan magnitudo 5,3 pada kedalaman 10 kilometer, dengan pusat gempa 42 kilometer timur laut Labuha, Halmahera Selatan.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,46 LS (Lintang Selatan) dan 127,83 BT (Bujur Timur), atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km arah timur Laut Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, namun tidak berpotensi tsunami.

Hingga malam ini terdapat 63 kali aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock dengan magnitudo terbesar M=5.8 dan magnitudo terkecil M=3.1. “Ada 61 gempa susulan, 28 gempa di antaranya dapat dirasakan.

“Masih terasa cukup kencang mala mini, kami berharap masyarakat yang sementara mengungsi untuk tidak panic”, kata Nawir Husen salah ASN di Pemda Halsel yang berada di Saketa, kecamatan Gane Barat, Senin malam (15/7/2019).

Namir mengungkapkan masih banyak warga yang memilih untuk bertahan di lokasi-lokasi pengungsian kendati hanya beratapkan terpal apa adanya. Sementara sebagian bantuan maupun petugas telah tiba di beberapa titik lokasi.

Sementara itu, Kepala Pusat gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Disarankan juga agar masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujarnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed