oleh

Petugas Kloter Gelar Pembinaan JCH Maluku Utara

TERNATE,MSC-Guna lebih memantapkan pemahaman jamaah tentang manasik haji, ketua Kloter dan pembimbing ibadah haji menggelar pembinaan bagi JCH asal Maluku Utara yang tergabung dalam kloter 7, 8 dan 9 Embarkasi Makassar.

Humas Kemenang Maluku Utara melaporkan, pembinaan dilangsungkan di pelataran Hotel tempat jamaah menginap dan pelataran Masjid Nabawi Madinah, (16/7/2019).

Selain mengikuti kegiatan pembinaan, jamaah juga mengisi waktunya di Madinah berziarah di tempat bersejarah di seputaran masjid Nabawi Madinah dan sejumlah kegiatan lain.

JCH kloter 09, sebagaimana laporan Ketua Kloter Ibrahim Abubakar, mengawali kegiatan dengan shalat subuh berjamaah di masjid Nabawi.

Usai shalat subuh, para jamaah kemudian mengikuti kegiatan bimbingan ibadah yang pandu oleh pembimbing ibadah H. Aksa Muhammad,S.Ag didampingi TPHD ustat. Hi. Amin Ali di pelataran Masjid.

Dalam pembinaan tersebut selain penjelasan soal ibadah, juga disampaikiian penjelasan teknis oleh ketua Kloter terkait akomodasi, konsumsi dan persiapan pelaksanaan umrah.

Kegiatan jamaah kloter 9 usai pembinaan, dilanjutkan dengan berziarah di beberapa tempat disekitar masjid Nabawi antara lain, Maqam Baqi, maqm Rasulullah, maqam Abubakar dan Umar, serta ke museum Al-Quran.

Kondisi kesehatan jamaah sebagaimana dilaporkan, selain Rajab Husen yang masih dirawat di RS King Fahd Madinah, jamaah lainnya dalam kondisi relatif baik. Bebera jamaah yang mengalami batuk, flu, asam urat, kolesterol dan demam masih dapat ditangani oleh petugas kesehatan kloter.

Sementara itu JCH kloter 8 sebagaimana dlaporan Ketua Kloter Abdurrahman M Ali dari langsung dari Madinah mengatakan bahwa, selain melanjutkan arbain, jamaah juga memanfaatkan waktu berziarah di seputaran mesjid Nabawi di awali dengan kunjungan makam Rasulullah ,sohabat Abubakar dan umar, makam baqii, mesjid gamamah, dan mesjid Ali bin Abi Tholib.

Sempai berita ini dibuat, belum ada penjelasan lebih lanjut berkaitan dengan perkembangan kondisi kesehatan JCH Kloter 8.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh jamaah kloter 7 selain malajutkan arbain, juga dilaksanakan manasik haji untuk lebih memperantap pemahaman jamaah berkaitan ibadah haji dan umrah. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed