oleh

Ini Tanggap Anggota DPRD Soal Maraknya Aksi Penggalangan Bantuan

TERNATE,MSC-Maraknya aksi penggalangan bantuan bagi korban bencana gempa bumi di kabupaten Halmahera Selatan, adalah bentuk rasa solidaritas sesama anak negeri di zajira al muluk.

“Ini adalah trandisi orang di Maluku Utara yang sudah dibangun sejak dulu. Rasa ini perlu dipupuk dan terus perlihara”, kata anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, M.Rahmi Husen, Kamis (18/7/2019).

Hanya saja untuk penyalurannya perlu dikoordinasikan dengan pihak terkait, sehingga ada pemerataan bagi masyarakat korban bencana sebagai penerima bantuan.

Dia mengatakan, minimal laporan disampaikan kepada instansi tehnis atau pemda setempat agar terdata dimana saja yang telah diberikan bantuan.

“Kalau terdata dengan baik dipastikan akan tersalur secara merata, misalkan di daerah mana sudah dapat bantuan dari siapa, begitu juga daerah lainsudah dapat dari siapa”, ungkapnya.

Politisi demokrat itu juga mengingatkan, kepada pihak-pihak tertentu untuk tidak menjadikan bencana untuk kepentingan politik atau mempolitisir bencana dengan kepentingan politik atau kepentingan kelompok.

Membangun rasa kemanusiaan lebih baik ketimbang menarik ke ranah politik, seluruh elemen masyarakat sudah bahu-membahu meringankan beban masyarakat Halsel yang terdampak gempa.

Ditegaskan, gempa bumi di Halsel merupakan bencana kemanusiaan yang perlu mendapat perhatian seluruh elemen bangsa. Seluruh komponen negara harus bekerja secara optimal tanpa terhalang oleh opini apapun.

“Mereka harus dibantu dengan nurani kita, jangan kita politisir bantuan untuk kepentingan kita tau kelompok”, pintahnya.

Jika terdapat orang atau kelompok yang memanfaatkan bencana untuk kepetingan politik, sebaiknya mereka ini dibuang ke laut. “Orang begini harusnya dibuang ke laut aja”, sebut Rahmi Husen.

Sebagai orang yang berasal dari Halsel, Rahmi Husen menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk elemen masyarakat maupun organsiasi yang telah turut serta membantu warga korban bencana.

“Terima kasih, ada yang sudah bersusah payah, ada yang rela berpanas-panasan untuk menggalang dana bantuan. Bencana mereka adalah bencana kita semua”, ungkap Rahmi. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed