oleh

Pers di Daerah Punya Peran Bila Terjadi Bencana

TERNATE,MSC-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Letjen Doni Monardo menilai, peran pers di daerah sangat penting untuk selalu memberitakan bila terjadi bencana di daerahnya.

“Kita di pusat butuh informasi adanya bencana. Bagaimana kita di pusat akan mengetahui adanya bencana maupun korban atau dampak terjadinya bencana, kalau tidak ada pemberitaan pers dari daerah”, kata Doni Monardo saat berbincang dengan kalangan pers, Kamis (18/7/2019) malam, di lantai I Grend Daffam Hotel Ternate.

Dalam kesempatan itu, mantan Pangdam XVI/Pattimura juga menerima masukan kalangan pers terkait akses ke lokasi bencana di kabupaten Halmahera selatan, yang dirasakan sulit dari sisi transportasi serta jaringan internet sebagai kebutuhan pemberitaan di lokasi bencana.

Untuk itu, Doni juga meminta pemerintah daerah maupun instansi terkait memberikan akses atau memfasilitasi kepada pers jika terjadi bencana. Tujuannya, lanjut Doni Manardo agar informasi cepat diketahui public termasuk pemerintah pusat.

“Kalau lokasi bencana sulit dijangkau, pemda tolong fasilitasi teman-teman agar informasi cepat tersebar sehingga ada upaya-upaya baik oleh pemerintah pusat maupun pihak lain yang ingin membantu”, kata Doni.

Doni bahkan mengajak pers difasilitasi BNPB dengan menggunakan helicopter menuju lokasi bencana di kecamatan Gane dan kecamatan Bacan Timur.

“Kita fasilitasi ke lokasi bencana, biar teman-teman dapat akses informasi maupun pengambilan gambar di lokasi”, pintah Doni.

Disadari peran wartawan dalam penanggulangan bencana sangat penting. Sebab kata Doni, banyak kajian nasional dan internasional peran media dalam penanggulangan bencana media berperan dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan menginfokan bencana serta penanganannya kepada masyarakat. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed