oleh

Disparbud Haltim Monitoring Destinasi Wisata

MABA,MSC-Kabupaten Halmahera Timur banyak memiliki potensi wisata alam yang tersebar di sejumlah kecamatan di wilayah itu. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispar) Kabupaten Haltim selalu intens memonitoring sejumlah Wisata yang terdaftar dalam RTRW Kabupaten itu

Kepala Dinas Parisiwisata Haltim Hardi Musa bersama seluruh Staf pada Sabtu (27/7/2019) kemarin telah melakukan monitoring  potensi Wisata yang mana sudah terdaftar dalam RTRW Haltim, baik itu Wisata Alam maupun buatan guna meninjau kembali hal hal apa yang perlu di sediakan pada Destinasi itu.

Dalam monitoring juga sekaligus mendokumentasi sejumlah wisata yang telah didatangi guna sebagai bahan materi untuk persiapan promosi visual yang bakal dipublikasikan baik di media Sosial maupun di media eletronik lainya.

“Kemarin kita mulai dari Pulau England, Kemudian ke Pulau Cif dan hari ini kami ke Air terjun tiga Bidadari, Tanjung Nanas serta Lembah Hijau Wasile,”katanya.

Lanjut dia, kendatipun ada beberapa Wisata yang belum terdaftar dalam RTRW, akan tetapi pihaknya memilih untuk meninjau dan mengunjunginya sebab ada beberapa Potensi Wisata Buatan bisa menjadi Icon panorama di Haltim.

“Seperti Telaga Gorua, Tanjung Nanas dan Pulau cif serta Rumah Hijau, itu menurut kajian kami sangat berpotensi, sebab saat ini Wisata Buatan tersebut sudah dilirik oleh pengunjung bahkan pengunjungnya lebih banyak ketimbang di Wisata Alam,” sebut Hardi Musa.

Hardi juga menyampaikan Jika Wisata Alam yang mana rentang kendalinya lebih dekat dengan Desa warga, maka untuk pengembangan kedepan Dinas Pariwisata akan melimpahkan pengolahanya pada Desa.

“Nanti kita lihat jikalau Desa mampu mengelola melalui Bumdes maka kita akan serahkan Ke Desa untuk mengelolahnya akan tetapi sesuai dengan syarat dan aturan yang berlaku,”katanya.

Sementara itu Untuk Pulau England dan Cif dimana letaknya di Desa Sil Kecamatan Maba Selatan, Kepala Desa Sil Malaki Wada saat dikonfirmasi mengaku jika dirinya  saat ini memang memasukkan England dan Cif sebagai icon wisata Desa oleh sebab itu, selaku Pemerintah Desa sangat berharap Peran penting dan respon positif dari Pemkab Haltim melalui Dispar Haltim untuk pengembangan Wisata tersebut.

“Kami tahu kalau kedua Pulau yang ada tepat di Desa Sil masih banyak membutuhkan sentuhan Pemda Haltim, akan tetapi itu bukan hambatan kami untuk kebangkan Wisata itu,” kata Malaki.

Dikatakan, untuk England dan Pulau Cif, Pihaknya pada Lebaran Ramadhan lalu sudah mengelola itu dan banyak pengunjung yang dang mengunjungi Pulau Tersebut sehingga itu membuat Warga Desa sil untuk terus mengembangkan potensi Wisata tersebut.

“Tempat Wisata kami nyaman, aman dan banyak menu hasil laut yang kami sediakan untuk dikonsumsi oleh pengunjung seperti, lopster, Ikan Tuna, Ikan Dasar dan Kepiting Bakau, itu sudah kami lakukan pada Lebaran Ramadhan kemarin,” aku Malaki.

Hal senada juga disampaikan Camat Maba Selatan Muhtar Muhamad bahwa kedua potensi Wisata itu mulai digarap pada Ramdhan Kemarin dan pada lebaran Ramadhan, dikunjungi oleh Ratusan Pengunjung dari berbagai Daerah Bahkan dari Kabupaten Halmahera Tengah. (can)

Bagikan

Komentar

News Feed