oleh

Tiga Orang Jamaah Maluku Utara Meninggal Dunia

TERNATE,MSC-Sejak keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Maluku Utara hingga saat ini sudah terdapat 3 Jamaah yang telah meninggal dunia. Almarhuma Ny. Suhaima Kahar, jamaah asal Tikep, meninggal 11 Juli lalu di Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Makassar.

Menyusul pada tanggal 25 Juli, Ny Fatma Arilaha, juga jamaah haji asal kota Tidore Kepulauan yang tergabung dalam kloter 7 Embarkasi Makassar, meninggal dunia di Rumah Sakit King Fhad Madinah.

Kemudian satu lagi Jamaah Calon Haji Koloter 9 atas nama bapak Naser Rajab Husen, umur 79 Tahun dari desa Busua Kecamatan Kayoa Barat, Halmahera Selatan meninggal dunia. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Hamid Sulaiman Madinah (28/07) pukul 15.36 Waktu Arab Saudi atau pukul 21.36 WIT.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Ketua Kloter 09 Ibrahim Abubakar melalui WA Group Petugas Haji Tahun 2019, almarhum dirujuk di Rumah Sakit King Fadh Madinah oleh dokter Klinik Kesehatan Haji Indonesia KKHI tanggal 14 Juli lalu dan dirawat di emergency room selama satu hari.

Setelah itu, almarhum kembali dirujuk di Rumah Sakit Dr. Hamed Sulaiman dan dirawat disana mulai tanggal 15 Juli sampai dengan wafat tadi malam dengan gangguan COPD

Sebagaimana dilaporkan Humas Kemenang Malut, berita duka telah disampaikan kepada pihak keluarga oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara melalui Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Halmahera Selatan.

Berdasarkan data yang diperoleh melalui laman kemenag.go.id menyebutkan, hingga hari ke-24 masa operasional haji, sebanyak 163.777 jemaah haji telah tiba di Arab Saudi. Jumlah petugas mencapai 2.030 orang.

Kedatangan mereka melalui dua jalur, yakni Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz dan King Abdul Aziz, Jeddah.

Demikian mengutip data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Senin (29/07), pukul 08.34 Waktu Arab Saudi (WAS).

Dari jumlah jemaah yang sudah tiba, sebanyak 31 orang sudah mengembuskan napas terakhirnya di Arab Saudi.

Jemaah yang wafat terakhir, diantaranya, Isah Oti Sana dari Embarkasi Jakarta (JKS-40), Nurbia Melek Tatu (BPN-8) dan Marhan Ali Telano (UPG-3).

Tahun ini, kuota jemaah haji Indonesia mencapai 231 ribu orang. Ini untuk jemaah haji reguler dan khusus. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed