oleh

Pilwako Ternate, PKB Tak Nyali Calonkan Kader

TERNATE,MSC-Kendati memiliki empat kursi nanti di DPRD Kota Ternate berdasarkan perolehan kursi hasil Pemilu 2019, namun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Ternate tak punya nyali mencalonkan kadernya sebagai calon Walikota ataupun wakil walikota Ternate.

“Soal kader atau bukan kader, belum pasti nanti kita akan musyawarah nasional (Munas) dulu. Karena dalam Munas dibicarakan salah satu agenda adalah Pilkada 2020”, kata Ketua DPC PKB Kota Ternate, Muhajirin Baillusy.

Akan tetapi Muhajirin Baillusy mengakui, jika saat ini kader PKB belum ada yang siap jika dicalonkan pada Pilkada Walikota Ternate nanti. “Kalau kader saya kira kita belum siap”, katanya.

Seperti diketahui pad Pemilu 17 April 2019 lalu, partai pimpinan Cak Imin berhasil memperoleh empat kursi di parlemen Kalumata Puncak, bahkan kursi ketua DPRD akan dipegang PKB.

Sementara untuk pencalonan paket Walikota-Wakil Walikota Ternate nanti dibutuhkan enam kursi di parlemen. Dengan demikian PKB hanya membutuhkan dua kursi tambahan atau melakukan koalisi dengan partai lain.

Belakangan beredar kabar nama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate disbeut memiliki kans untuk menggunakan PKB untuk maju mencalonkan diri sebagai walikota Ternate.

Sementara itu juga nama anggota DPD RI Dapil Maluku Utara, Abdurachman Lahabato disebut juga akan maju bertarung di Pilkada Walikota Ternate. Anggota DPD RI itu sekarang merupakan kader PKB, sebab pada Pileg 2019 mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI Dapil Malut dari PKB.

Untuk nama kader PKB lainnya, sampai saat ini belum terdengar sama seperti yang diakui Ketua DPC PKB Kota Ternate, Muhajirin Baillusy. PKB dalam dua periode dalah satu partai pendukung Walikota Ternate Burhan Abdurahman.

PKB memiliki kesempatan untuk memenangkan Pilwako Ternate, karena selain dua periode berhasil mengusung Burhan Abdurahman sebagai walikota Ternate, dan pada pileg 2019 memperoleh kursi cukup siknifikan.

Saat ini sejumlah nama mulai diwacanakan untuk pilwako Ternate seperti, Sekota Ternate, Tauhid Soleman, Fahri Sangadji politisi Demokrat, Abdullah Taher Ketua DPC Partai Demokrat yang kini masih menjabat sebagai wakil walikota Ternate.

Selian itu nama anggota DPRD Provinsi terpilih Nasdem Husni Bopeng yang juga Ketua NAdem Kota Ternate, Ketua DPC PDI-P, Merlisa yang kini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Ternate.

Di internal birokrasi Pemkot Ternate selain, Tauhid Soleman dan Ruslan Bian, ada juga nama Kadis Pasar, Nuryadi Rahman. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed