oleh

Kapita Tahane Apresiasi Dukungan Sekjen Bawaslu

TERNATE,MSC-Ketua Umum Kapita Tahane Asrul Rasyid Ichsan memberikan apresiasi terhadap sikap Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro yang ikut membubuhi tanda tangan petisi sebagai bentuk dukungan  

“Saya kemudian merasa begitu terharu dan penghormatan yang dalam terhadap Sekjen Bawalu RI. Bagi saya Kepekaan Sosialnya terhadap tragedi kemanusiaan ini begitu menggugah. Beliau tidak mengenal siapa Kiki Kumala, bukan juga kerabat apalagi tali persaudaraan atau famili. Beliau bukan juga bertetangga kampung, ataupun warga Maluku Utara”, kata Ketum Asrul Rasyid Ichsan.

Bagi Asrul, secara kebetulan perjalanannya berpapasan dengan aksi masyarakat di Malifut Halmahera Utara yang menuntut pelaku Pemerkosa dan pembunuh Kiki Kumala untuk di hukum mati dengan memblokir akses jalan utama yang menghubungkan Halut dengan daerah lainnya terutama ke Sofifi Ibukota Maluku Utara.

Akan tetapi, Sekjen Bawaslu RI itu pun turun dan menyatakan dukungan pada aksi tersebut dengan membubuhi tanda tangan Petisi diikuti oleh beberapa jajaran Bawaslu RI yg ikut dalam rombongan.

“Secara kebetulan mungkin bisa iya. Tetapi disaat yang sama bukan hanya beliau saja dengan rombonganya. Bukankah banyak masyarakat yang tertahan dari dua arah berlawanan yang tidak bisa melintasi jalan utama tersebut? Sebagian orang mungkin menunggu sambil menonton aksi tersebut tanpa sempat membubuhi tanda tangannya dan berharap akses jalannya dibuka untuk melintasi”, katanya.

Disinilah Asrul menilai kepekaan sosialn seorang Gunawan Suswantoro terhadap tragedi kemanusiaan telah membuka sekat primordial. Suku, ras, agama tidak menghalangi beliau dalam rasa empatinya. Bahwa hilangnya nyawa seorang Gadis belia yang diperkosa dan dibunuh secara sadis adalah Tragedi.

“Saya membayangkan dalam hati beliau penuh gejolak jika sejenak mengingat ibunya, istrinya dan anak perempuannya. Matanya akan berkaca kaca sambil mengusap dada. Sembilu yang menyayat tak sepadan dengan Tragedi ini”, sebutnya.

Jika dibandingkan sikap sejumlah pejabat di daerah seperti gubernur, bupati, walikota serta anggota DPRD mereka yang membisu, mata hati mereka mungkin telah membeku. Mereka mungkin lagi tertidur pulas berbantalkan Buku APBD yang belum juga tuntas.

Selaku Ketum Kapita Tahane, Asrul menyampaikan terima kasih kepada Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro dan rombongan. Terima kasih Sekjen Bawaslu dan rombongan, semoga Allah melimpahkan rahmatNya”, ujar Asrul yang juga sekwil PDI-Perjuangan Maluku Utara. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed