oleh

Dukono Erupsi, Bandara Gamarmalamo Ditutup

TOBELO,MSC-Bandara Gamarmalamo Galela, Halmahera Utara (Halut), ditutup sementara untuk aktivitas penerbangan akibat erupsi gunung Dukono yang menyemburkan abu vulkanik.

“Bandara Gamarmalamo belum beroperasi, karena abu vulkanik Gunung Dokuno sangat membahayakan aktivitas penerbangan,” kata Kepala Bandara Gamarmalamo Galela, Saifudin, Senin, (5/8/2019).

Menurutnya, sejak minggu (4/8/2019) di sekitar bandara dipenuhi abu vulkanik sehingga keputusan untuk menutup bandara karena abu vulkanik masih terdeteksi. Sampai saat ini belum di ketahui pasti kapan bandara akan kembali dibuka

Ia menambahkan, bakal melakukan pengamatan secara periodik. Ia juga menghimbau kepada calon penumpang agar bersabar terkait penutupan Bandara Galela. Karena penutupan ini adalah masalah alam dan bukan kesalahan dari maskapai penerbangan.

“Kami pantau secara periodik, terkait kapan bandara akan di buka kembali belum bisa kami sampaikan karena debu vulkanik masih mengganggu penerbangan di Gamarmalamo,”katanya

Penutupan ini juga guna menjamin keselamatan penumpang rute Galela-Manado dan sebaliknya.

Bandara Gamarmalamo Galela didarati oleh pesawat Wings Air yang membuka rute penerbangan Manado-Galela dan sebaliknya dengan jadwal keberangkatan satu minggu empat kali, yaitu pada Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed