oleh

Partai Nasdem Mulai Bentuk Tim Penjaringan

TERNATE,MSC- Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Provinsi Maluku Utara yang akan digelar pada dua kota dan enam kebupaten, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan segera membentuk tim penjaringan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah, di masing-masing DPD NasDem.

Juru bicara DPW Partai Nasdem Maluku Utara, Muhlis Ibrahim menegaskan, Nasdem mulai membentuk tim penjaringan di delapan kabupaten dan kota di Maluku Utara untuk melakukan penjaringan bakal calon (Bacalon).

“Pembentukan tim penjaringan masing-masing DPD dan akan dilanjutkan dengan penjaringan bacalon”, kata Muhlis Ibrahim, Senin (12/8/2019).

Dia mengatakan, proses penjaringan akan tetap berpedoman pada peraturan organisasi (PO) 05. Dimana berdasarkan aturan internal partai, proses penjaringan harus sudah dimulai paling lambat satu tahun sebelum pilkada digelar. Penjaringan akan dilakukan mulai di masing-masing kabupaten/kota. Selanjutnya, hasil penjaringan akan dibahas hingga ke DPP untuk dikeluarkan rekomendasi.

Kendati begitu, Muhlis Ibrahim mengakui belum menentukan jadwal penjaringan, karena masih menunggu musyawarah kerja wilayah (muskerwil) DPW partai Nasdem yang akan digelar pada 14-15 agustus di Ternate.

Dalam agenda muskerwil nanti beberapa agenda akan dibahas, selain evaluasi pileg juga akan dibicarakan tentang kesiapan pelaksanaan Pilkada di Maluku Utara. Ditanya mengenai target kemenangan pada Pilkada 2020 mendatang, Muhlis Ibrahim mengatakan bahwa target pemenangan baru akan dibahas dalam muskerwil.

Sementara untuk penunjukan ketua tim penjaringan di masing-masing DPD, kata Muhlis Ibrahim tak harus dipimpin oleh ketua DPD. “Tak semua ketua DPD jadi ketua tim penjaringan, jadi siapa saja pengurus punya kans menjadi ketua penjaringan”, katanya.

Dia mengatakan, tahapan proses penjaringan harus dilakukan secara tertib, disiplin sebagai langkah untuk memenangkan Pilkada Serentak 2020.

Terkait adanya sejumlah daerah yang sekarang sudah mulai muncul nama bakal calon, Muhlis Ibrahim mengatakan, kondisi ini menunjukkan bahwa dinamika politik di daerah berlangsung sangat bagus.

Untuk itu, komitmen Partai Nasdem dalam penjaringan bacalon Pilkada 2020, akan tetap berkomitmen mengusung politik tanpa mahar. Politik tanpa mahar akan berlaku bagi kader partai maupun bukan kader partai. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed