oleh

Sembilan Kades Bertekat Kawal Kasus Pembunuhan Warga Waci

MABA,MSC-Kasus pembunuhan warga desa Waci masih terus menjadi perhatian berbagai kalangan di kabupaten Halmahera Timur. Keinginan untuk menuntusakan kasus tersebut menjadi perhatian juga kalangan pemerintah di Sembilan desa di kecamatan Maba Selatan.

Kesepakatan untuk mengawal kasus tersebut, disampaikan Sembilan kepala desa, pemuda dan LSM dalam forum rapat bersama yang dihadiri camat Maba Selatan, Muhtar Muhammad, Kamis (29/8/2019).

Sembilan desa yang bersepakat tersebut diantaranya, Desa Sowoli, Sil, Bicoli, Kasuba, Momole, Desa Waci, Petelei, Desa Loleolamo dan Gotowasi bersepakat akan mengawal tahapan penaganan tersebut hingga ke Pengadilan Negeri dengan kepastian Hukum yang jelas dan sesuai dengan apa yang diperbuat oleh pelaku.

Rapat bersama sembilan desa tersebut melahirkan beberapa Kesepakatan yaitu akan mendorong kepada pihak yang berwajib agar menhukum mati pelaku sebagaimana berdasarkan 340  338, 351 Junto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

Selain itu, sembilan desa tersebut akan mengeluarkan  maklumat kepada pelaku dan para DPO yang saat ini belum ditemukan bahwa masyarakat 9 desa tidak akan diam akan tetapi akan dendesak Kepolisian untuk terus mengusut pelaku.

Sementara itu, Camat Maba Selatan Muhtar Muhamad pada kesempatan itu mengaku tetap mendukung apa yang menjadi keinginan dan kesepakatan bersama.

“Apapun keputusan warga saya Selaku pimpinan kecamatan dan perpanjangan tangan pemerintah daerah selalu mendukung demi mensukseskan apa yang disepakati warga,” tegas Camat.

Sementara itu, Ketua Sepra Rusmin Hasan menegaskan kepada Kepolisian agar segera menangkap sisa tersangka yang hingga saat ini masih diburu serta meminta kepada pelaku agar bisa dihukum sesuai perbuatannya.

“Publik tau hukuman apa yang harus dikenakan kepada pelaku yaitu Pasal 340  338,351 Junto Pasal 55 Ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau ancaman hukuman penjara seumur hidup,” tegas Rusmin.

Selain dihadiri Pemerintah Desa dari 9 Desa itu Rapat tersebut juga dihadri seluruh Warga masyarakat baik di Desa Waci maupun Desa tetangga lainnya.(can).

Bagikan

Komentar

News Feed