oleh

11 Politisi Dampingi Janlis Kitong Melamar Partai

TOBELO,MSC-Sebanyak 11 politisi lintas partai yang juga anggota DPRD kabupaten Halmahera Utara ikut mendampingi Janlis Kitong, Senin (02/09) kemarin telah melakukan pengambilan formulir pendaftaran sebagai calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) di dua partai. Yakni, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Mereka 11 anggota DPRD Halut di antaranya Joel Wagono, Nelman Tahe, Nofino Lobiua, Irfan Soekoenae, Oxaverius Koyoba, Josias Me, Kartono Duan, Fahrudin Hamiru, Taha Pasimanyeku, Selvina Leibo, Fahmi Djuba, dan Lambert Taluku.

Rombongan yang jumlahnya 11 orang plus Janlis Kitong yang mengatasnamakan Koalisi Sejahtera ini, salah satunya adalah anggota DPRD Provinsi Malut Nofino Lobiua dari partai Golkar dan dua di antaranya merupakan pimpinan DPC PKB Halut (Irfan Soekoenay) dan Partai PPP (Fahmi Djuba). Di sambut hangat oleh ketua DPC PKPI Halut Jems Tuyu, dan Ketua Bapilu PKPI Edwin Tomas di sekretariat PKPI yang terletak di desa Gosoma. 

Dalam sambutanya, ketua Bapilu PKPI Edwin Tomas mengatakan, pihaknya merasa terhormat. Sebab, hampir semua anggota DPRD Halut ikut melakukan pendampingan terhadap Janlis kitong ketika melakukan pendaftaran sekaligus pengambilan formulir Cabup dan Cawabup di partai PKPI.

“Kami merasa terhormat. dan pihak kami baru menerima pendaftaran awal dari Janlis Kitong sebagai kandidat pertama,”katanya.

Sementara itu. Ketua DPK PKPI Halut Jems Tuyu mengatakan, penjaringan ini di buka secara umum dan batas pengembalian formulir pada 16 September 2019 mendatang, namun para Cabup dan Cawabup yang telah mendaftar nantinya di serahkan ke DPP Provinsi dan selanjutnya ke DPN pusat. kemudian baru di lanjutkan lagi pada tahapan pleno penetapan di tingkat daerah.

“Yang jelas kami buka secara umum dan tidak ada yang di gugurkan, sebab semua berkasnya akan di kirim ke pusat,”katanya

Usai melakukan pendaftaran, rombongan kemudian menuju ke sekretariat DPC PDIP Halut di desa Wosia kecamatan Tobelo Tengah dan di sambut oleh Ketua DPC PDIP, Inggrid Paparang, Sekertaris DPC PDIP Halut Irwan Djam dan Ketua Bapilu PDIP Reynol Juntak.

Terpisah, Janlis Kitong selaku Cabup yang telah mendaftar di 3 partai (Golkar, PKPI, dan PDIP) mengatakan, Koalisi Sejahtera yang terdiri dari belasan  anggota DPRD ini baik Provinsi maupun kabupaten dari partai yang berbeda, secara internal telah mengusung dan mendukung dirinya untuk maju sebagai Calon Bupati Periode 2020-2024.

Pertarungan dirinya sebagai tongkat estafet pengabdian dirinya untuk kesejahteraan masyarakat, sebab. kehadirannya untuk menjawab kebutuhan serta keinginan masyarakat Halut secara umum.

“Sejak dulu sampai sekarang ketika Ber-DPRD, rumah saya itu selalu terbuka untuk masyarakat. Bukan hanya masyarakat di dapil I saja, tetapi dapil lainpun datang dan menyampaikan keluh kesah pembangunan di wilayah mereka, sehingga saya beranikan diri dengan dasar keluhan masyarakat untuk maju menjawab segala keinginan masyarakat demi kesejahteraan generasi akan datang,”katanya.

Di sentil mengenai Cawabup yang nantinya mendampingi dirinya untuk bertarung pada Pilkada nanti. Janlis menyebutkan, untuk Cawabup harus dari kalangan umat muslim, sepenuhnya di serahkan ke rekan DPRD yang masuk di dalam koalisi sejahtera untuk menentukan cawabup yang berkompeten agar bisa memenangkan Pilkada.

“Untuk partai Demokrat yang menduduki unsur pimpinan pada DPRD Halut, tidak lagi membuka pendaftaran. dan langsung melakukan pleno penetapan. Sebab, telah mengusung saya maju sebagai Cabup,”tutupnya. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed