oleh

Banjir Rob Rendam 3 Rumah Warga Desa Dodowo

TOBELO,MSC-Abrasi pantai di desa Dodowo kecamatan Galela Utara Kabupaten Halmahera Utara (Halut) tercatat hampir merusaki 3 rumah milik warga setempat.

Kepala Desa Dodowo, Mufadli Hi Abd Mutalib mengatakan, pada hari minggu (01/09/2019) terjadi abrasi di desa Dodowo yang menyebabkan banjir rob dan merembes masuk ke dalam rumah warga.

“Kami telah catat, 3 rumah yang terkena banjir rob tersebut diantaranya, keluarga Samuel Tahulending, Osmn Tahulending, dan Jefri Malansi,”katanya.

Ditambahkannya, meski telah di bangun tembok penahan, namun harus ada konstruksi khusus yang bisa menahan derasnya terjangan ombak. Sehingga tidak terjadi abrasi hingga mengakinatkan banjir rob.

“Kami berharap ada perhatian pemda dalam hal ini Dinas PUPR agar, tidak hanya membangun tembok penahan. Tapi, harus ada konstruksi khusus seperti Break Water atau pemecah ombak sehingga tidak terjadi abrasi,”katanya.

Diakuinya, pihak pemerintah desa tidak bisa terlaku mengintervensi hal tersebut, sebab sudah masuk pada kategori bencana yang menjadi kewenangan dan tanggungjawab dari BPBD dan PUPR.

“Kami berharap secepatnya mengambil kebijakan agar masyarakat tidak menjadi korban dari bencana ini,”kata Mufadli.

Sementara itu, Kepala BPBD Halut Abner Manery ketika di konfirmasi telah memerintahkan stafnya untuk mengkroscek kondisi di desa yang terdampak abrasi.

“Kami baru mendapat informasi sehingga kami menurunkan staf ke lapangan untuk mengkroscek kondisi di lapangan,” tandas Abner. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed