oleh

Panen Raya Tanaman Kortikultura Kelompok Tani Talaga Mato

TOBELO,MSC-Bupati Halmahera Utara yang diwakili asisten 3 bidang perekonomian dan Pembangunan, Judihart Noya menghadiri acara panen raya tanaman hortikultura di desa Peleri kecamatan Malifut, yang di kelola kelompok tani Talaga Mato binaan Yayasan Bina Tani Sejahtera pada Rabu (18/9/2019). 

Asisten 3 bidang perekonomian dan Pembangunan, Judihart Noya dalam sambutannya mengatakan, budidaya tanaman hortikultura dapat memberikan hasil ekonomis yang signifikan bagi petani.

Menurutnya, selama ini petani kita perekonomiannya bergantung dari hasil tanaman musiman, namun demikian dirinya yakin ketika kita dapat mengolah secara baik tanaman Hortikultura memiliki potensi lain yang tidak kalah besar, bahkan dapat memberikan pendapatan ekonomi bagi petani yang signifikan.

“Kami yakin, budidaya tanaman hortikultura dapat memberikan hasil ekonomis yang signifikan bagi petani kita, melihat buktinya di desa peliri  ini. Artinya, bila kita mengelolanya dengan tepat dan bijak, potensinya tidak akan habis dan bisa kita manfaatkan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Judihart Noya juga meminta kepada para pendamping  untuk dapat terus secara intensif mendampingi para petani hortikultura dengan metode penyuluhan pertanian kepada petani.

“Kita harapkan budi daya komoditas hortikultura di Halmahera Utara¬†dapat terus meningkat dari tahun ke tahun dan dengan hasil panen yang memuaskan, hingga dapat turut serta dalam memperkuat ketahanan pangan daerah kita, untuk itu mari kita manfaatkan lahan tidur untuk peningkatan perekonomian kelompok serta rumah tangga kita bersama,” tambahnya.

Kegiatan panen raya tanaman hortikultura dilanjutkan dengan pengguntingan pita di lokasi perkebunan Tanaman Hortikultura kelompok Tani Talaga Mato oleh Asisten III Judihart Noya di saksikan oleh ketua Yayasan Bina Tani Sejahtera dan Kordinator Vegimpact NL, kades Peleri, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Halmahera Utara Daud, ketua Yayasan Bina Tani Sejahtera ,Dr Edwin Sanso Saragih beserta para pendamping Pertanian , Kordinator Vegimpact NL ,Ir Regina Sari, Perwakilan Danramil Malifut, Kapolsek Malifut ,Kepala Desa Peleri serta para Petani. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed