oleh

DPMD Kawal Komitmen Desa Tentang Inovasi Desa dalam APBDes

MABA,MSC- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Timur  (Haltim) akan mengawal komitmen Aparatur Desa di Haltim saat mengikuti Bursa Inovasi Desa (BID) kemarin. 

Sekretaris DPMD Haltim, DR Sarmin Sulaiman kepada wartawan menegaskan, dalam pelaksanaan BID kemarin, disediakan kartu komitmen yang sudah diisi aparatur Desa terkait program desa di tahun 2020 mendatang.

Karena itu, kata Sarmin BPMD meminta aparatur Desa dalam menyusun APBDes berpedoman juga pada kartu komitmen.

“Sebab ini bertujuan agar pemerintah desa bisa lebih fokus pada kegiatan yang sifatnya pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal yang efektif dan efisien dalam kesejahteraan masyarakat,”tegasnya.

Dikatakan, DPMD melalui Tim Inovasi Desa (TIK) Kabupaten telah menuangkan sejumlah komitmen kegiatan inovasi bersama 47 Desa di 5 Kecamatan cluster Maba. Sehingga akan di kawal oleh DPMD agar semua desa fokus pada penganggaran kegiatan inovasi di desa masing-masing.

“Jadi menu kegiatan inovasi yang dipilih oleh setiap desa sudah di tuangkan dalam kartu komitmen. Maka kita minta agar hal itu bisa diakomodir dalam APBDes tahun depan supaya ada fokus desa pada kegiatan inovasi di desanya masing masing, sesuai potensi yang dimiliki,” ungkap Sarmin.

Sarmin mengaku, pengelolaan potensi di setiap desa bisa dimaksimalkan dengan sentuhan inovasi dan kreatifitas, dipastikan pendapatan ekonomi masyarakat bisa lebih baik untuk masa yang akan datang.

“Karena banyak potensi dan hasil kerja inovasi di desa desa yang selama ini belum tersentuh secara maksimal, padahal kita punya banyak potensi itu yang bisa mensejahterakan masyarakat,  makanya kalau hal itu dimaksimalkan yakni saja kita bisa sejajar dengan kabupaten kota lain di Maluku Utara,”ucapnya.

Sementara itu, untuk mewujudkan itu semua, dirinya meminta peran semua pihak di tingkat desa agar bisa bersinergis sehingga setiap program inovasi bisa berjalan dengan baik.”Bukan hanya Kepala desa dan BPD, tetapi semua pihak yang berkepentingan,” tutupnya. (can).

Bagikan

Komentar

News Feed