oleh

Keterlambatan Pencairan Dana Desa Tak Pengaruhi Pilkades

TOBELO,MSC-Meskipun proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap III terlambat, namun tak mempengaruhi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2019 di kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Halut, Nyoter Koenoe mengatakan, pada akhir September tepatnya pada tanggal 30 mendatang sesuai dengan jadwal yang di tetapkan. sedikitnya 94 desa akan melakukan pilkades serentak di 17 kecamatan Se-Halut.

“Ada sejumlah desa yang anggaran Pilkades telah dituangkan di dalam APBDes. Memang agak terlambat pencairan DD, akan tetapi anggarannya sudah ada tergantung permintaan dari desa termasuk laporan pencairan sebelumnya”, kata Nyoter Koenoe.

Apalagi saat ini kata Nyoter  seluruh tahapan Pilkades serentak sudah selesai, hanya tinggal penepatan Daftar Pemilih Tetap saja untuk persiapan pencoblosan pemilihan kades.

Dia juga menjelaskan, telah berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) terakit dengan proses pencairan DD tahap III tahun 2019, dan ada sinyal positif dimana pecan depan pencairan tahap III sudah mulai jalan.

“Tahap III DD tersebut untuk 196 desa yakni 40 persen dari total DD sebesar 140 miliar,  jadi total tahap III sisanya kurang lebih 56 miliar,”katanya. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed