oleh

Satlantas Polres Haltim Intens Sosialisasi SIM

MABA,MSC-Kendatipun belum diterapkannya penggunaan Smartsim di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Haltim selalu intens mensosialisasikan Penggunaan SIM Online dan Smartsim kepada pengguna kendaraan yang datangi Satlantas untuk pembuatan SIM.

Hal ini bertujuan agar pengguna Kendaraan memahami cara penggunaan Sim Online dan Smartsim dimana dalam penyampaian materinya  menjelaskan beberapa perbedaan pada kegunaan dan manfaat antara Sim online dan Smartsim.

Melalui PS Kanit Reg. Iden Satlantas Polres Haltim, Bripka Yelman Gumuru menyampaikan, jika kegunaan Smartsim selain sebagai syarat bagi pengemudi juga sebagai alat transaksi layaknya kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dimana katanya, berfungsi juga untuk digunakan untuk membayar parkir, belanja di Swalayan maupun pembayaran tarif jalan tol jika di kota-kota Besar. “Tapi fungsi sebagai syaratnya sama seperti SIM online,” katanya.

Selain itu kata dia, Smartsim juga sudah diberlakukan di seluruh Indonesia, akan tetapi di Maluku Utara sendiri saat ini masih menunggu material Smartsim sehingga belum bisa diberlakukan.

“Kita masih mau habiskan material yang ada sekarang setelah itu akan kita beralih ke Smartsim jika bahannya sudah ada,” jelasnya.

Yelman juga setelah memberikan edukasi kepada pengguna kendaraan yang bakal mendaftar untuk membuat SIM langsung, diarahkan untuk mengisi formulir kemudian Tes tertulis hingga Praktek mengemudi.(can).

Bagikan

Komentar

News Feed