oleh

DKP Haltim Salurkan 16 Unit Fiber Class ke Nelayan

MABA,MSC-Dinas Keluatan dan Perikanan, Kabupaten Halmahera Timur (DKP Haltim) menyalurkan bantuan sebanyak 16 unit perahu Fiber Clas kapasitas 3 GT kepada nelayan, Kamis (3/10/2019) bertempat di Pelabuhan Penampungan ikan (PPI).

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Pengwasan dan Pengelolaan Ruang Laut DKP Haltim,  Ruslan Rasyid, menjelaskan, guna mendorong pertumbuhan ekonomi dalam bidang perikanan di masyarkat nelayan Haltim, saat ini DKP menghadirkan Integrated Cold Storag (ICS) atau gudang beku terintegrasi dengan kapasitas 100 ton, olehnya itu melalui Program tersebut DKP Haltim memebrikan bantuan kepada 30 Nelayan.

“Jadi dengan pemberian bantuan itu, para nelayan dapat mendukun program DPK, karena saat ini kami sudah menyediakan ICS,”ujarnya.

Menurutnya, bantuan yang telah diberikan, diharapkan para nelayan dapat memanfaatkan dengan baik, sehingga gedung ICS yang sudah disediakan ini dapat difungsikan.

“Nelayan tidak bisa lagi menjual hasil tangkap ke tempat lain, selain masuk ke ICS yang sudah disediakan oleh Dinas terkait,”katanya

Dia mengatakan, para nelayan yang telah diberikan bantuan fasilitas oleh DKP, jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka akan ditarik kembali untuk diberikan ke nelayan yang lain.

“Setelah bantuan itu diserahkan, kami juga akan tetap turun ke lokasi untuk mengecek kembali fasilitas tersebut, yang tersebar di bagian kecamatan terutama yang sudah dapat bantuan yaitu Maba Utara,”tegasnya.

Marjan salah satu nelayan penerima bantuan mengaku, dengan adanya bantuan sangat mempermuda bagi mereka untuk aktivitas melaut.

“Apalagi saat ini pemda sendiri sudah siapkan penampung, itu artinya lebih muda bagi kami untuk menampung dan menjual ikan hasil tangkapan kami,”tuturnya.

Sebab, kata dia  selama ini sebelum adanya penampungan hasil tangkapan, alternatifnya hasil tangkapan harus dijual ke Tobelo Halmahera Utara dan Morotai.

“Tapi dengan adanya penampungan milik pemda bisa mempermudah kami,”tutur Marjan.

Dia juga beraharap Pemkab Haltim melalui DKP dapat memperhatikan dan memperdayakan kebutuhan nelayan.(can).

Bagikan

Komentar

News Feed