oleh

Bawaslu Haltim Anggarkan Pembentukan Panwascam Wasile Barat

TERNATE,MSC-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) sesuai jadwal akan melakukan rekrutmen dan pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan.

Berdasarkan rencana tahapan Bawaslu Provinsi Maluku Utara, jadwal rekrutmen Panwascam diseluruh kecamatan di delapan Kabupaten/Kota untuk penyelenggaraan Pilkada 2020, akan dilakukan pada awal bulan November 2019.

“Untuk Halmahera Timur kita juga sesuai dengan jadwal dengan tujuh kabupaten dan kota lainnya”, kata Koordinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu Haltim, M. Sofyan S.STP saat dihubungi, Jumat (4/10/2019).

Dia mengatakan, saat ini terdapat 10 kecamatan di kabupaten Halmahera Timur, diantaranya, Kecamatan Kota Maba, Maba, Maba Selatan, Maba Tengah, Maba Utara, Wasile, Wasile Selatan, Kecamatan Wasile Tengah, Wasile Timur dan Kecamatan Wasile Utara.

Akan tetapi kata Sofyan, Bawaslu dalam perencanaan anggaran telah menyiapkan pembentukan Panwas kecamatan Wasile Barat yang merupakan kecamatan baru dari hasil pemekaran kecamatan induk yakni kecamatan Wasile Selatan.

“Bawaslu juga menganggarkan rekrutmen dan pembentukan Panwas kecamatan Wasile Barat. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nanti KPU juga membentuk penyelenggara tingkat kecamatan di Wasile Barat”, katanya.    

Dengan demikian lanjut Sofyan, jika nanti akan ada pembentukan perangkat penyelenggara di kecamatan baru itu, Bawaslu sudah siap untuk pembentukan termasuk dukungan anggaran.

Namun demikian Bawaslu kata Sofyan masih menunggu keputusan Pemda maupun KPU, karena sampai saat ini belum ada peresmian kecamatan Wasile Barat. Bawaslu katanya, juga punya batas waktu jika sampai pada jadwal pembentukan belum ada kepastian soal kecamatan Wasile Barat, maka Bawaslu tidak akan membentuk Panwascam Wasile Barat.

“Kalau tidak jadi bentuk, anggarannya dikembalikan. Kalaupun keputusannya dilakukan pembentukan, Bawaslu sudah siap pembentukan bersamaan dengan 10 kecamatan lainnya”, kata mantan Lurah Jati Perumnas Ternate. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed