oleh

Sukses Pengelolaan Anggaran Tergantung Perencanaan dan Pelaksanaan

TERNATE,MSC-Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara, Drs Irwan M. Saleh ME menuturkan, sukesnya pelaksanaan anggaran dalam satuan kerja tergantung dari perencanaan program dan pelaksanaan.

“Sukses beranggaran star awalnya dimulai dari perencanaan yang baik dan pelaksanaan atau penggunaannya”, kata Irwan M. Saleh saat pembukaan Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran dalam rangka penyusunan RKAKL Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten dan Kota tahun 2020, di Ternate, Jumat (11/10/2019).

Oleh karena itu, Irwan M. Saleh berharap seluruh jajaran Bawaslu kabupaten dan kota agar menyusun program sesuai dengan visi misi lembaga dengan mempertimbangkan factor evfisiensi dan ekeftisitas yang dilandasi dengan program yang bermanfaat.

“Kalau rancangan program harus benar-benar terarah dan sesuai dengan visi misi lembaga,” katanya.

Prinsip yang dipegang oleh Bawaslu, menurut Irwan yaitu bagaimana  penganggaran yang efektif, efisien dan  tepat sasaran. Dalam menyusun anggaran juga harus cermat dan memperhatikan kegiatan prioritas sehingga meminimalisir revisi anggaran pada tahun berjalan.

Menurutnya, dalam   memahami   mekanisme   penyusunan anggaran sesuai peraturan yang berlaku. Kemudian mampu menyempurnakan  program anggaran dan kegiatan   yang  telah disusun secara lebih jelas.

Irwan juga mengharapkan, peserta  yang  hadir   dapat memiliki   pemahaman   konseptual dan kemampuan implikatif   yang   mencukupi untuk menerapkan konsep dalam perencanaan dan penyusunan anggaran dalam beragam instrumen nantinya di kabupaten dan kota masing-masing.

“Saya harapkan terdapat kesinambungan pengetahuan tentang perencanaan dan   anggaran ke depannya tetap dilaksanakan sesuai dengan dokumen perencanaan yang ada,” kata irwan M.Saleh. (red)

Bagikan

Komentar