oleh

Hari Pertama Operasi Zebra, Puluhan Kendaraan Terjaring

JAILOLO,MSC-Satuan lalulintas (Satlatantas) Polres Halmahera Barat (Halbar) secara resmi menggelar operasi Zebra 2019. Pelaksanaan operasi yang berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia tersebut, ditandai dengan gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Aditya Laksimada selaku Inspektur Upacara (Irup) di halaman Mapolres, Rabu (23/10) pagi tadi.

KBO Satlantas Polres Halbar, Ipda Ernest Makatey kepada wartawan mengungkapkan, puluhan kendaraan yang terjaring dalam operasi dihari pertama didominasi oleh kendaraan roda dua. Dan sebagian besar tidak menggunakan helm serta tidak melengkapi surat-surat kendaraan bermotor baik SIM maupun STNK.

“Pada hari pertama digelar dibeberapa titik mulai dari perempatan Pelabuhan Jailolo sampai di Acango, pengendara yang tidak memiliki SIM diarahkan untuk mengurus SIM, begitunya dengan pajak kendaraan yang sudah mati diarahkan ke Samsat untuk diperpanjang,”tegasnya.

Selain itu, Ia menyebutkan, dalam pelaksanaan operasi Zebra sendiri, 80 persen dilakukan penindakan dan 20  persen dilakukan pendidikan. Dengan begitu, Ia mengaku, operasi dihari pertama juga belum ditemukan adanya kendaraan curanmor.

Dia menghimbau kepada seluruh  masyarakat sebelum mengendarai kendaraan baik roda dua maupun roda empat untuk melengkapi diri demi keselamatan berlalu lintas.

“Masyarakat diharapkan jangan takut kepada Polisi, tetapi takut pada aturan yang berlaku, ini juga dalam rangka tertib berlalulintas,”imbuhnya. (ijha)

Bagikan

Komentar

News Feed