oleh

Pemda Halmahera Utara Anggarkan Dana Pilkada Rp45 Miliar

TOBELO,MSC- Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) mengucurkan dana sebesar Rp45 miliar untuk anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halut (Pilkada) 2020.

Besaran anggaran untuk Pilkada 2020 lebih besar, terjadi kenaikan sekitar 50 persen jika dibandingkan dengan anggaran Pilkada pada tahun 2015 sebesar Rp30 miliar. Dan anggaran tersebut diperuntukan bagi penyelenggara maupun pihak keamanan.

Sekertaris Daerah Halut Fredy Tjandua mengatakan, anggaran yang di siapkan dan di bahas oleh DPRD Halut telah menyepakati besaran anggaran pilkada 2020 sebesar Rp45 miliar.

Menurut Sekda, anggaran ini naik 50 persen dari total anggaran pada Pilkada 2015 lalu dimana hanya pada kisaran Rp30 miliar saja. “Anggaran pilkada sudah di bahas tadi (kemarin) dan sudah di sepakati totalnya Rp45 miliar,”jelas Sekda.

Ia menyebutkan, dari total anggaran Rp45 miliar, terbagi di beberapa instansi antara lain KPU sebesar Rp27,8 miliar, dan Rp10,2 miliar untuk Bawaslu, Kepolisian untuk biaya keamanan Rp5,5 miliar dan Lain-lain seperti Kesbangpol, Satpol, dan TNI, Rp1,5 miliar.

Sekda meminta dukungan semua stakeholder Pemilu di Kabupaten Halut untuk mensukseskan pesta demokrasi 5 tahunan ini, dengan lancar, aman dan bermartabat.

Sementara it, Ketua Komisi II DPRD Halut Janlis Kitong ketika di konfirmasi membenarkan, pada pembahasan anggaran Pilkada 2020 antara Pemda dan DPRD  telah di sepakati anggarannya Rp45 miliar. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed