oleh

Tambang Gogoroko Disinyalir Gunakan Merkuri

TOBELO,MSC-Lokasi tambang rakyat di wilayah Gogoroko kecamatan Galela Barat disinyalir menggunakan merkuri yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.  Dampak lingkungan di wilayah tambang tidak lagi terkontrol oleh instansi terkait sebab, para penambang emas di tambang rakyat kerap mengabaikan dampak lingkungan yang ditimbulkan.

Apalagi kawasan pertambangan rakyat itu saat ini, proses pembersihan emas yang di duga menggunakan merkuri dan sianida. Beberapa warga setempat ditemui mengaku, jelas ada penggunaan merkuri, dan saat ini belum ada pihak instansi pemerintah yang turun melakukan pengambilan sampel untuk di teliti sebagai dasar penutupan tambang.

“Sudah pernah saya kroscek dan memang ada penggunaan merkuri di lokasi tambang rakyat di wilayah Gogoroko kecamatan Galela Barat, “ucap salah satu warga kecamatan Galbar.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Samud Taha ketika dikonfirmasi mengakui, pihak DPLH sampai saat ini belum mengambil sampel guna di lakukan uji laboratorium.

Hal ini juga di sebabkan karena faktor dana uji sampel yang terbilang cukup besar dan tidak di anggarkan pada APBD Halut. “Memang kami sudah terima informasi dari masyarakat terkait penggunaan merkuri atau sianida untuk proses pengolahan emas di tambang rakyat Gogoroko.

“Namun kalau dipastikan penggunaan merkuri  harus ada data hasil uji lab, sehingga bisa di ambil langkah tegas berupa penutupan tambang tersebut,”kata Samud Taha

Dia mengaku, besaran anggaran yang dibutuhkan untuk uji lab sekitar Rp5 juta untuk satu kali uji, sementara yang dibutuhkan sekitar 9 kali uji lab. Dengan demikian katanya, total anggaran yang dibutuhkan untuk uji lab sekitar Rp45 juta.

“Sampelnya jika di ambil di air dan di darat itu sekitar 9 sampel, dan biayanya cukup besar. Dan kami tidak punya anggaran untuk hal tersebut. Sehingga langkah tegas yang perlu di ambil juga tidak bisa dilaksanakan dengan kendala anggaran,” katanya. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed