oleh

Tobelo Dipenuhi Tumpukan Sampah

TOBELO,MSC-Tak seperti biasanya di Kota Tobelo tumpukan sampa yang terbiar di sejumlah tempat sampah. Pada sepanjang jalan Kemakmuran hingga Pasar Wosia tumpukan sampah yang sudah membusuk dikeluhkan warga setempat.

Sudah sekitar tiga hari sampah tidak diangkut oleh petugas dan mobil sampah, akibatnya tumpukan dan bau busuk menyilimuti beberapa kawasan tersebut. “Sudah tiga hari ini tidak ada pengakutan sampah, saat ini sudah bau busuk,” ungkap Jumar Mafolou warga Tobelo.

Menurutnya, tak seperti biasanya dimana setiap sore tumpukan sampah terlihat akan tetapi pasti besok tak ada lagi, karena saat malam pasti langsung diangkut petugas kebersihan.

“Tumpukan sampah bukan hanya di tempat-tempat pembuangan sementara. Namun sudah meluap sampai di badan jalan. Dikuaturkan sampah yang menumpuk akan berpotensi menimbulkan penyakit. Apalagi jika hujan bau tak sedap dari tumpukan sampah itu terasa kian menyengat, “kata Jumar

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halut Samud Taha ketika di konfirmasi, Selasa (05/11/2019) kemarin mengakui sudah tiga hari petugas kebersihan tidak melakukan pengangkutan sampah di wilayah Tobelo. Hal ini di sebabkan karena Akses satu-satunya menuju tempat pembuangan akhir (TPA) yang terletak di desa Gosoma di palang oleh pemilik lahan.

“Ada warga pemilik lahan melakukan pemalangan jalan. Sehingga mobil truk pengangkut sampah tidak bisa beroperasi selama 3 hari. Hal ini yang menyebabkan tumpukan sampah di wilayah Tobelo makin menggunung,”jelas Samud.

Ia menambahkan, telah melakukan pendekatan dengan pemilik lahan dan alasan pemalangan jalan tersebut karena belum adanya pembayaran lahan warga yang di janjikan selama setahun terakhir.

“Mereka sampaikan bahwa tidak ada sosialisasi dari pemerintah desa maupun daerah terkait dengan pembangunan TPA dan juga akses menuju Lokasi TPA. Tiba-tiba saja lahan mereka di gusur dan di janjikan akan di pakukan pembebasan lahan, tapi sampai saat ini tidak di realisasikan,” katanya.

Namun sore ini sudah di buka palang jalan. Dan Mobil Sampah dan petugas sudah angkut sampah yang berserakan di tempat pembuangan sementara. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed