oleh

Bawaslu Halmahera Selatan Butuh 90 Pengawas Kecamatan

LABUHA,MSC-Dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan (Halsel) atau Pilkada 2020 nanti, Badan Pengawas Pemilihan Umum membutuhkan 90 orang sebagai Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasim SH saat ditemui diruang kerjanya menjelaskan, Bawaslu membutuhkan 90 orang putera-puteri terbaik asal Halsel untuk menjadi anggota panitia pengawas kecamatan.

Dia menjelaskan, dalam Pilkada 2020, Bawaslu akan merekrut sebanyak 90 orang Panwascam. Setelah dilantik mereka akan ditugaskan di 30 kecamatan. Setiap kecamatan akan ditugaskan 3 orang Panwascam.

“Untuk itu, Bawaslu nantinya akan mencari 90 orang terbaik untuk menjadi anggota Panwascam yang tersebar di 30 kecamatan,” kata Kahar Yasin, Selasa (26/11/2019) kepada malutsatu.com.

Kahar mengatakan, pendaftaran dan penerimaan berkas persyaratan administrasi calon anggota Panwascam dilaksanakan pada 27 November hingga 3 Desember 2019. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 12 Desember 2019.

“Jadi kepada masyarakat yang ingin mendaftar masih ada waktu, silakan memanfaatkan waktu dan kalaupun ada yang kurang dimengerti silakan tanya ke Pokja Panwascam di Bawaslu Halsel,” demikian Kahar Yasim.

Kahar mengungkapkan, rekrutmen ini dilakukan secara terbuka untuk seluruh masyarakat Halmahera Selatan. “Bagi sahabat Bawaslu dan masyarakat yang memiliki kompetensi untuk dapat mempersiapkan diri mengikuti seleksi (Panwascam, red) tersebut,” ujar

Bawaslu Kabupaten Halsel akan menerapkan sistem computer assisted test (CAT) Socrative dalam tes tertulis rekrutmen Panwas Kecamatan (Panwascam) yang akan ditugaskan di Pilkada serentak 2020.

Rencananya tes tertulis dan wawancara akan dilaksanakan secara serentak pada 13 hingga 17 Desember 2019. “Bagi yang lolos tahap administrasi, akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes tertulis dan tes wawancara,” katanya.

Dia mengatakan, Bawaslu Kabupaten Halsel akan menekankan kesungguhan Panwascam dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. Sebab Panwascam akan bekerja penuh waktu, sehingga harus siap dalam situasi apapun menjalankan perintah dari Bawaslu Kabupaten Halsel. Untuk Pilkada 2020 ini dibutuhkan pengawas yang jujur, berintegritas dan berkualitas. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed