oleh

Safrina Kamarudin : KPU Butuh Keharmonisan Komisioner dan Sekretariat

MABA,MSC-Sebagai lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu), KPU juga dituntut secara internal saling mendukung antara komisioner dan staf kesektariatan. Tugas lain lembaga KPU secara eksternal keterlibatan masyarakat sebagai pemilih dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada.

“Tentunya kita melihat kerja-kerja secretariat dalam mendukung kinerja komisioner, ini adalah salah satu survey yang dilakukan KPU Provinsi di KPU Haltim,” kata Komisioner KPU Malut, Safrina Kamarudin saat dalam kunjungan ke KPU Haltim pada Jumat (6/12/2019).

Oleh karena itu, kata Safrina survey yang dilakukan oleh KPU Provinsi ditargetkan pada lembaga KPU secara internal juga pada masyarakat di Halmahera Timur, untuk mengetahui sejumlah persoalan dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada.

“Dalam survey evaluasi  tersebut kita mau memastikan apakah KPU Kabupaten Haltim dan jajaran didalamnya akan juga kita survey partisipasi terendah, daerah rawan konflik, rawan bencana pada setipa kecamatan di Haltim,”jelasnya.

Lain hal, Ia meminta kepada seluruh staf di sekretariat KPU Haltim agar selalu mengedepankan integritas sebagaimana layaknya penyelenggara KPU yang dituntut untuk selalu tetap  profesional dalam bekerja.

“Begitu juga dengan Komisioner, harus selalu memberikan dukungan dan suport kepada staf dan bawahannya demi mencapai kerja dan tanggungjawab yang maksimal,” pinta Safrina.

Dia mengatakan, untuk meningkatkan kerja sama sekretariat dengan komisioner, memang dituntut harus memiliki hubungan yang harmonis untuk meraih akuntabilitas, termasuk untuk meraih integritas ataupun lainnya. Harus harmonis dulu, ini yang paling utama.

Ia juga mengaku jika selain kecamatan di Haltim, ada sembilan kecamatan yang saat ini KPU Malut melakukan evaluasi partisipasi dalam Pemilu.

Sementara itu, Ketua KPU Mamat jalil menyampaikan, jika di KPU Haltim sendiri, terlepas dari  tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara maupun dalam satu lembaga, KPU Haltim sendiri ibarat rumah besar yang mana dihuni oleh keluarga besar yakni para komisioner dan staf sekretariat.

“Sehingga itu bagi kami di KPU Haltim, Kami adalah Keluarga, oleh sebabnya keharmonisan dan saling mendukung bahkan mengingatkan sesama adalah utama bagi kami untuk mencapai hasil yang maksimal dalam bekerja,” ujar Mamat. (can)

Bagikan

Komentar

News Feed