oleh

Bawaslu Ternate Uji Coba Perangkat Tes Online

TERNATE,MSC–Bawaslu Kota Ternate memasastikan akan menggunakan fasilitas komputer milik SMK Negeri 2 Kota Ternate saat tahapan perekrutan Panwascam berbasis online (tes tertulis).

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan sebagaimana siaran pers Humas Bawaslu Ternate mengatakan, saat ini Bawaslu Kota Ternate sudah bekerja sama dengan SMK Negeri 2 Kota Ternate untuk penggunaan fasilitas komputer milik SMK, karena pada saat tes tertulis nanti semua peserta akan melakukanya secara online.

Kifli mengatakan, Senin sore (9/12/2019) Bawaslu telah melakukan uji coba seluruh fasilitas computer yang akan dipakai saat tes tertulis bagi calon anggota Panwascam nanti.

“Uji coba ini cuma untuk mengecek kapasitas jaringan dan roaming socrative yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, Alhamdulillah jaringan jalan normal. Terima kasih kepada pihak SMK N 2 telah menyediakan tempat, mudah-mudahan hari-H juga bisa berjalan dengan normal,” katanya.

Ia menjelaskan, besar kemungkinan jika tidak ada perubahan schedule dari Bawaslu RI, tanggal 12 Desember akan diumumkan hasil penelitian berkas administrasi selanjutnya dilakukan tes tertulis.

“Sampai sekarang belum ada arahan yang baru, tapi kalau normal pengumuman administrasi tanggal 12, nanti kita lihat apakah ada edaran atau semacam petunjuk teknis untuk mempercepat dimajukan ataukah seperti apa, kalau tidak ada edaran jadwal maka pasti tanggal 12 diumumkan,” jelasnya.

Setelah diumumkan, maka di tanggal 13–17 Desember, akan dilakukan tes tertulis secara online dan wawancara. “Setelah itu tanggal 13 tes tertulisa sampai dengan tanggal 17 tes tertulis dan wawancara,” ujarnya.

Kifli mengaku, bagi seluruh peserta nanti akan disimulasikan, bagaimana caranya mengoperasikan portal yang berisi tentang soal-soal tes online yang langsung dilakukan di lokasi tes.

“Peserta nanti disimulasikan juga, nanti kita lihat simulasinya tanggal 12 sebelum tes ataukah nanti pada saat hari H sebelum masuk ke ruangan, itu diberikan demo dulu, diberikan petunjuk, tata cara baru dipersilahkan masuk. Pastinya itu selesai pengumuman administrasi,” jelasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed