oleh

RSUD Tobelo Layak Tingkatkan Status ke Tipe B

TOBELO,MSC-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo akhirnya terakreditasi Paripurna dengan perolehan lima bintang. Capaian Paripurna tersebut menggambarkan bahwa penilaian mutu pelayanan dan keselamatan pasien oleh tim Asesor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) memperoleh hasil yang sangat memuaskan.

Direktur RSUD Tobelo, Drg. Irwanto Tandaan ketika dikonfirmasi mengatakan, sangat langka jika rumah sakit tipe C mendapatkan akreditasi paripurna. Sebab katanya, untuk perbandingannya sendiri tentu RSUD sendiri sudah layak menjadi RSUD dengan status tipe B.

“Saya tentu sangat mengapresiasi tim pokja akreditasi RSUD Tobelo serta stakeholder yang turut menyukseskan akreditasi paripurna ini. susah jika rumah sakit dengan status tipe B bisa memperoleh akreditasi paripurna,”kata Irwanto.

Menurutnya, peningkatan pelayanan maupun kelengkapan alat kesehatan tentu untuk keselamatan pasien. Sebab, akreditasi bukanlah hal yang tertera di sertifikat saja, melainkan mutu pelayanan harus di jaga secara berkesinambungan.

Dia mengatakan, akreditasi paripurna RSUD Tobelo sendiri tentu memberikan kepuasan kepada seluruh tenaga medis maupun non medis yang berada di RSUD Tobelo atas upaya dan kerja kerasnya.

“Sesuai tujuannya akreditasi rumah sakit dilakukan oleh KARS untuk memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan  rumah sakit dan SDM di Rumah Sakit itu sendiri,”kata Irwanto.

Oleh karena itu, menurut Irwanto mau tidak mau setiap rumah sakit di seluruh Indonesia wajib terakreditasi sesuai kelas dan tingkatannya, seperti terakreditasi tingkat pratama, madya, utama dan paripurna. Dan paripurna sudah sangat tinggi secara nasional.

Ia menambahkan, di tahun 2019, KARS tidak lagi menggunakan instrumen versi 2012, tapi menggunakan instrumen Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1. Meski lebih sulit dan ada poin tambahan bagi RSUD jika mengurus segala syarat akreditasi. Namun RSUD tobelo berhasil memperoleh 5 bintang tersebut dari KARS.

“SNARS Edisi 1 merupakan standar akreditasi baru yang bersifat nasional dan diberlakukan secara nasional,” katanya seraya menambahkan bakal tetap berupaya meningkatkan pelayanan.

Irwan juga menyampaikan penghargaan terhadap Pemda dalam hal ini Bupati Ir. Frans Manery dan Wakil Bupati Muchlis Tapi-Tapi, yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya dalam memenej RSUD Tobelo. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed