oleh

Hasil Seleksi Panwascam Masih Diwarnai Sikap Protes

MABA,MSC-Aksi protes peserta masih mewarnai terhadap hasil kelulusan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) oleh Bawaslu Halmahera Timur. Kali ini datang dari salah satu peserta yang dinyatakan lulus enam besar.

Mohammad  Fajrin Abdul  salah satu peserta tes di Wilayah Kecamatan Wasile Timur (Wastim) yang diketahui meraih nilai tertinggi pada pelaksanaan Tes Kemarin dengan perolehan Nilai sebesar 68 bahkan nilai tersebut adalah nilai tertinggi  ke-tiga di seleksi Panwascam se-Maluku Utara sayangnya potensi SDM yang setinggi itu diabaikan oleh Bawaslu Haltim.

Fajrin ketika menghubungi wartawan mengakui, kalau hasil nilai yang dicapainya pada tes tertulis secara online karean dirinya memahami soal-soal yang diberikan. Hanya saja untuk nilai interview tidak langsung dipublikasikan kepada publik.

“Kalau mau selektif dalam sistem perekrutan tentu harus mengutamakan SDM sebab  menjadi Peawas pemilu harus memahami dan mengerti betul soal aturan dan ketentuan pemilu bukan nanti su dapa baru mau belajar, itu namanya tiba saat tiba akal,” kata Fajrin kepada wartawan, Rabu, (18/12/2019).   

Menurtnya, berdasarkan hasil tes CAT tersebut  5 dari 6 orang yang masuk sekleksi 3 terpilih dan 3 kursi tunggu hanya meraih hasil yang standar akan tetapi Fajrin yang memiliki nilai tertinggi tersebut diposisikan pada posisi tunggu atau PAW.

Fajrin sendiri menganggap jika ini adalah hasil keputusan yang sah oleh Bawaslu Haltim untuk merekrut lembaga tingkat bawah, namun menurut dia Bawaslu sendiri terkesan tidak selektif dan kaku dalam menggunakan sandaran penilaian pada saat pelaksanaan tes kemarin.

“Saya terima hasil tersebut bahwa saya pada posisi PAW akan tetapi menurut saya ini tidak logis masa saya yang nilainya tinggi bisa diposisikan sebagai posisi tunggu, memang indikatornya apa, sementara dalam hasil interview juga kami sendiri tidak tahu,” kata Fajrin.

Untuk diketahui, dari hasil seleksi Panwascam untuk Panwascam Wasile Timur yang lolos diantaranya Khoirul Anam, Bahsar Harisun, Bambang Pais, semntara Kursi tunggu yaitu Mohammad Fajrin Abdul, Atsti A. Sangaji,Yusri Abubakar.

Ketua Bawaslu Haltim Suratman Kadir ketika dihubungi tidak berada di kantor. Namun informasi yang disampaikan beberapa staf di kantor,ketua Bawaslu ke Ternate menghadiri acara Bawaslu Provinsi Maluku Utara yang akan juga dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu RI.

Namun data yang diperoleh menyebutkan, ketentuan rekrutmen Panwascam yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI, untuk komposisi penilaian untuk seleksi Panwascam tes tertulis 30 persen sedangkan wawancara (interview) memiliki nilai tebesar yakni 70 persen. (can).

Bagikan

Komentar

News Feed