oleh

Beristirahatlah Dengan Tenang di Tanah Kelahiran Banemo

LELAKI itu terlahir di Desa Banemo 08 November 1956 silam. Chaidir Djafar, S.E., M.Si. sepintas kita mengenal pribadi yang Sopan re Santun (sopan dan santu), Budi re Bahasa (budi dan bahasa) dalam bertutur.

Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah berpulang ke Rahmatullah anggota DPD RI dari Provinsi Maluku Utara periode 2019-2024, Bapak Chaidir Djafar pada Rabu (8/1/2020) pukul 03.00 WIB dini hari karena sakit kanker kelenjar getah bening di Rumah Sakit Yarsi, Jl. Letjen Soeprapto, Cempaka Putih, Jakarta.

Politis yang terlahir di sebuah desa nan jauh di Halmahera itu, kiprah politiknya di tanah Papua. Berbekal semangatdi tanah perantauan, Almahrhum Chaidir mulai mengasah kemampuannya dengan bergabung beberapa organisasi antara lain ICMI Irian Jaya, Senat Mahasiswa STIE YAPIS Jayapura, PMI Provinsi Irian Jaya, BKRM se Jayapura, HMI Cabang Jayapura, KAHMI Provinsi Papua Barat.

Hingga alumni Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin, Makassar ini sebelum bergabung dengan DPD RI merupakan anggota DPRD Provinsi Papua Barat, periode tahun 2004-2009.

Tak gampang bagi seorang politisi bertarung di tanah rantau, kepercayaan masyarakat di Papua Barat terhadapnya mengantarkan dirinya ke Senayan dengan menjadi anggota DPD-RI Dapil Papua Barat pada tahun 2014-2019 dengan perolehan 43.900 suara.

Setelah mengabdi sebagai wakil dari Papua Barat, pada pemilu 2019 lalu, almarhum memilih untuk pulang kampung dan kembali mecalonkan diri sebagai anggota DPD RI dan terpilih untuk periode kedua menjadi senator Dapil Maluku Utara dengan pemilik kursi ke tiga dengan perolehan 42.158 suara.

Kini lelaki petarung itu telah kembali ke sang Pencipta, dia telah mendahului kita semua. Sebelum di makamkan di tanah Kelahiran Desa Banemo, Kecamatan Patani Barat, Kabupaten Halmahera Tengah dijenazah di semayamkan di Gedung DPD RI.

Proses pelapasan jenazah langsung dilakukan oleh Wakil Ketua DPD Nono Sampono memimpin upacara persemayaman untuk jenazah Chaidir di gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (8/1).

“Selama berkiprah di DPD RI sebagai senator yang mewakili Provinsi Papua Barat pada masa bakti 2014-2019 dan Maluku Utara pada Masa Bakti 2019-2024, beliau selalu konsisten dan telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya,” kata Nono dalam sambutan terakhir mengantarkan almarhum menuju ke tanah kelahiran untuk dimakamkan.

Almarhum di makamkan di Desa Banemo, Kamis (9/2/2020). Selamat Jalan Bang Jul, karyamu dikenang. Beristirahatlah dengan tenang di Tanah Kelahiran, Banemo. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed