oleh

Koordinasi Kesiapan Pilkada 2020, Bawaslu Malut Ketemu Kapolda

TERNATE,MSC-Untuk persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) delapan kabupaten dan Kota Se-Provinsi Maluku Utara, Bawaslu Provinsi melakukan koordinasi dengan Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto, Senin (13/1/2020).  

Ketua Bawaslu Muksin Amrin SH MH didampingi dua anggota yakni Aslan Hasan SH MH dan Ikbal Ali SP, diterima langsung Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto bersama jajaran petinggi Polda di ruang kerjanya.

Ketua Bawaslu Muksin Amrin menjelaskan, kunjungan ke Kapolda dala rangka koordinasi teknis pelaksanaan pengamanan Pilkada delapan kabupaten dan kota se-Provinsi Malut tahun 2020.

“Kita ingin mendapat gambaran dari Kapolda soal tehnis pengamanan Pilkada di delapan kabupaten dan Kota yang melaksanakan Pilkada,” kata Muksin Amrin.

Selain pengamanan Polri, Bawaslu juga pada kesempatan itu melakukan koordinasi pembentukan pembentukan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) baik untuk tingkat Provinsi maupun di delapan Kabupaten dan Kota.  

“Intinya membahas terkait kesiapan pengamanan Pilkada delapan kabupaten kota dimana Polri telah menyiapkan strategi pengamanannya. Pertemuan ini juga membahas persiapan pembentukan Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu),” tutur ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin.

Menurut Muksin, Bawaslu masih menunggu arahan Bawaslu RI terkait pembentukan Sentra Gakkumdu untuk pelaksanaan Pilkada 2020 nanti.

“Teknisnya sudah diatur dalam Peraturan Bersama tiga lembaga yakni Bawaslu, Polri dan Jaksa Agung. Masa kerjanya nanti kurang lebih tujuh bulan,” tuturnya.

Bawaslu Provinsi sendiri, ucap Muksin, meski tidak menggelar pilkada, namun tetap akan membentuk Sentra Gakkumdunya. “Akan tetapi masa kerjanya hanya tiga bulan saja,” pungkas Muksin. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed