oleh

Alion Mus Ajak Pakar Ikut Bangun Pulau Taliabu

TERNATE,MSC-Bupati Pulau Talibau Alion Mus menuturkan, pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu mengajak kalangan pakar maupun akademisi menyumbangkan pikirannya untuk pembangunan Pulau Taliabu.

“Saya minta kepada pak doktor maupun pakar lainnya datang ke Taliabu, agar dapat menyumbangkan ilmu untuk pembanguna pulau Taliabu,” ungkap Alion Mus saat menyampaikan visi misi di DPD 1 Partai Golkar Maluku Utara, Selasa (14/1/2020).

Diakatakan, Taliabu, merupakan daerah otonom baru yang mekar pada tahun 2013 dan merupakan daerah yang sangat tertinggal, sehingga masih dibutuhkan upaya dan kerja keras untuk membangun.

“Sebagai daerah baru punya kendala selain terbatasnya infrastruktur, kita lain yang sangat dirasakan adalah minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) di beberapa bidang,” katanya.

Sejak dilantik sebagai Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, pada Tahun 2016 lalu, Aliong Mus mengaku terus mengenjot beberapa pekerjaan pembangunan infrastruktur dalam kurung waktu 4 tahun.

Diantaranya, pembukaan ruas jalan keliling Pulau Taliabu dimana selama 4 tahun pembangunan di Dinas PUPR meliputi pekerjaan jalan Lapen 19,5 Km, pekerjaan jalan Butas 53,78 Km, pembukaan badan jalan 76,50 Km, penimbunan jalan tanah 156,28 Km, pembuatan gorong-gorong 135 unit serta pembuatan jembatan 30 unit.

Untuk bidang SDM lanjut Alion Mus, telah dibangun sarana pendidikan dan saat ini sudah sekitar 300 unit ebih Sekolah yang dibangun. “Kita sadar bahwa pendidikan mampu mendorong terciptanya SDM, makanya kita genjot pembangunan sekolah,” katanya.

Bidang kesehatan kata Alion Mus, Pemda mengalami kendala terbatasnya infrastruktur termasuk SDM dan jarak pelayanan kesehatan ke masyarakat. Untuk menjawab itu pembangun tetap membangun infrastruktur kesehatan, dan terpenting saat ini Pemda bekerjasama dengan Unkhair Ternate menyekolahkan putera-puteri Taliabu di Fakultas Kodekteran Unkhair.

Dan Pemda setiap tahun menganggarkan dana sebesar Rp100 juta untuk menciptakan tenaga dokter sebagai jawaban atas kendala SDM di bidang Kesehatan. Anggaran tesrebut diprioritaskan kepada putera-puteri Taliabu.

“Saat ini kita sudah sekolahkan lima orang dokter yang merupakan putera-puteri Taliabu, harapan kita jika selesai mereka kembali mengabdi di Taliabu,” sebut Alion Mus. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed