oleh

Jalan Tugas Tak Hanya Bermodalkan Semangat

TERNATE,MSC-Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate, Kifli Sahlan menegaskan, dalam menjalan tugas tak hanya bermodalkan semangat, akan tetapi dibutuhkan juga pemahaman bidang tugas.

Demikian penegasan Ketua Bawaslu Ternate saat menutup kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan SDM Pengawasan dan Kesektariatan bagi Panwascam se-kota Ternate.

Untuk itu lanjut Kifli Sahlan, semangat harus dibarengi dengan pemahaman bidang tugas serta memahami aturan dalam bertindak adalah modal besar dan sebuah kekuatan Panwascam.

“Tidak ada seorang pemain yang lebih pintar dari wasit. Apabila ada pemain lebih pintar daripada wasit akan berdampak pada komitmen yang dijaga sehingga keredibilitasnya menjadi tercoreng. Hal ini berakibat pada ketidakpercayaan publik kepada wasit tersebut,” ujarnya.

Pilkada serentak 2020 merupakan tantangan serta ujian baru. Kendati demikian, ia berharap tantangan tersebut bisa dilaksanakan dengan baik karena dipercayakan oleh pemerintah khususnya Bawaslu, KPU, dan yang paling utama adalah kepercayaan masyarakat.

“Artinya pengawas memiki tugas yang lebih berat dibandingkan KPU. Sebab tidak hanya tahapan, namun kita juga mengawasi peserta dan masyarakat. “Yang terutama adalah kepercayaan masyarakat. Karena masyarakat lah yang menilai kerja pengawas,” ujar Kifli Sahlan.

Ia mengimbau agar Panwascam diharapkan menjunjung tinggi netralitas pengawas Pemilu serta peran fungsi pengawasan menjadi salah satu sorotan utama untuk memastikan proses pemilihan Pilkada secara serentak dapat menjadi contoh yang lebih baik.

Selain itu, ia meminta agar melihat potensi kerawanan pemilu di beberapa daerah yang menjadi peluang pelanggaran. “Pengawas Pemilu harus jeli melihat permasalahan dalam tahapan Pemilu, terutama masalah potensi pelanggaran Pemilu,” ujarnya.

Kifli juga berpesan kepada jajaran ad hoc tersebut, jangan mengerjakan apa yang anda senangi, tapi senangilah apa yang anda kerjakan. “saya berharap pesan ini menjadi spirit sahabat-sahabat Panwascam,” sebutnya.

“Jawablah kritikan public dengan bekerja secara baik dan tetap menjunjung tinggi profesionalitas dan integritas, ketika bertugas di lapangan. Anda adalah orang-orang pilihan dan memiliki kemampuan untuk itu,” katanya.

Bimtek bagi Panwas Kecamatan (Panwascam) selama tiga hari 15-17 Januari 2020, diselenggarakan di Halmahera Ball Room Grand Daffam Hotel Ternate. Selain diikuti seluruh komisioner Panwascam, juga diikuti Kepala Sekertariatan (Kasek) dan PUMK (Penerima Uang Muka Kegiatan) diwilayah ini, sebagai persiapan Pilkada 2020 mendatang.   (red)

Bagikan

Komentar

News Feed