oleh

Koramil 1508-02, Beri Pembekalan Bela Negara Di SMA Kristen Nehemia

TOBELO,MSC-Siswa siswi SMA Kristen Nehemia Galela mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara dari Koramil 1508-02/Galela Halmahera Utara. Plh. Danramil 1508-02/Galela Kapten Arh Mohammad Ali disela-sela paparannya dalam memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara di SMA Kristen Nehemia, Selasa (4/2/2020) mengatakan, pembekalan wawasan kebangsaan bertujuan untuk pembekalan kesiswaan pentingnya pendidikan dini, penanaman jiwa nasionalisme, agar para siswa berguna bagi nusa dan bangsa dan menciptakan karakter generasi muda di usia dini.

“Materi Bela Negara tersebut agar siswa-siswi memahami dan mengerti tentang apa itu Bela Negara, sehingga mereka akan timbul tekad untuk mencintai tanah air, bangsa dan negara Indonesia dengan berpegang Pancasila sebagai falsafah idiologi dan dasar negara Indonesia,”tandasnya.

Sementara Kepala sekolah SMA Kristen Nehemia Galela, Weni Saya, S.Pd menyampaikan, dengan adanya program kegiatan seperti ini sangat membantu pihak sekolah untuk menanamkan disiplin dan wawasan kebangsaan terhadap siswa dan siswi baru.

“Kehadiran TNI dalam upaya menanamkan disiplin dan wawasan kebangsaan terhadap siswa-siswi sangat penting sekali, untuk itu pihak sekolah sangat berharap semoga kerja sama ini terus ditingkatkan agar nilai-nilai kejuangan dan disiplin tetap tertanam di hati mereka guna menyongsong dan menghadapi cita-cita mereka kelak,’ ungkapnya.

Sedangkan, Pelda Jemes Khan Muda dalammaterinya mengatakan, bela negara adalah bentuk kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dikatakan, pembelaan negara bukan semata-mata tugas TNI tetapi segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya. Bela negara jika secara fisik dilakukan dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh.

“Secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan Negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara,”sebutnya.

Sedangkan Sertu Asmar dalam pemberian materi Wawasan Kebangsaan mengajak, para peserta untuk bisa memahami dan mengamalkan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sehingga para siswa diharapkan memiliki perilaku sebagai bangsa Indonesia sejati, yaitu bangsa yang toleran, saling menghormati, cinta tanah air dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Tujuan kegiatan ini membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”tegasnya. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed