oleh

STIKMAH Tobelo Gelar Capping Day

TOBELO,MSC-Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makariwo Halmahera (STIKMAH) Tobelo menggelar Penyematan Topi Perawat (Capping Day) bagi 79 mahasiswa program studi (D-III) kebidanaan serta Program Studi (S-1) tahun akademik 2019-2020.

Capping Day diikuti oleh 79 mahasiswa yang dilakukan  pemasangan KAP dan ucap janji yang terdiri dari mahasiswa (S-1) program studi Keperawatan sebanyak 32 orang dan mahasiswa (D-III)  program studi Kebidanan 47 orang. 

Kegiatan Capping Day, kata Ketua STIKMAH Tobelo, dr.Arend Mapanawang merupakan agenda rutin setiap tahun. Falam acara itu juga disampaikan ucap janji untuk memebrikan bekal rohani terhadap para calon tenaga medis agar senantiasa memberikan pelayanan tulus kepada masyarakat. Selain sebagai cara menghormati para pendahulunya.

“Jika mereka sudah berkuliah lebih dari satu semester maka wajib melaksanakan Capping Day. Ada juga ucap janji yang membentuk karakter perawat jika nantinya memberikan pelayanan di tengah masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis,”kata Arend Mapanawang.

Sementara itu Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ass III) Setda Halut, Yudihart Noya berharap, awal dari batu pijakan para tenaga medis harus dijalani secara sungguh-sungguh dan dimaknai secara serius bagi para peserta Capping Day.

“Melalui Capping Day inilah mahasiswa akan terjun kedalam dunia kesehatan untuk mengabdi kepada masyarakat dengan profesionalitas dan tanggung jawab yang telah dibangun melalui masa belajarnya sebagai mahasiswa”, kata Yudihart Noya.

Terpisah, Ketua L2Dikti wilayah XII Maluku Muluku Utara yang di wakili kepala bagian akademik kemahasiswaan dan sumberdaya, Cornelly Matakena mengatakan, Capping Day merupakan awal dari keberhasilan sebagai seorang tenaga medis yang nantinya terjun di kalangan masyarakat untuk menerapkan ilmu yang didapatkan di dunia akademis.

“Tidak gampang menjadi perawat maupun bidan. Sehingga kalian yang melaksanakan Capping Day adalah orang-orang yang benar-benar terpilih,”katanya. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed