oleh

Bawaslu Halsel Proses Tiga Oknum ASN ke KASN

JAKARTA,MSC-Sebagai tindaklanjut dari penanganan kasus dugaan pelanggaran etik, tiga oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) direkomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Senin (10/2/2020).

Rekomendasi yang diserahkan oleh anggota Bawaslu Halsel, Asman Jamel SH yang juga kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran (HPP) tiga oknum ASN itu mengunggah status diakun media sosial terkait pelaksanaan pilkada Halmahera Selatan 2020 mendatang.

Kordiv HPP Bawaslu Halsel, Asman Jamel SH ditemui di Kantor KASN Jl. Letjen MT. Pancoran, Kota Jakarta Selatan menjelaskan, keterlibatan ASN dalam politik praktis sudah diatur dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Selain itu, Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2004 Tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil, serta Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Tugas Bawaslu memproses dugaan pelanggaran, keputusan selanjutnya ada di KASN. Dan putusannya nanti kita serahkan ke KASN daam bentuk seperti apa dan tentu sesuai dengan ketentuan,” kata Asman Jamel.

Asman Jamel menuturkan, sejak tanggal 1 Oktober 2019 tahapan pilkada dimulai, Bawaslu Halsel sudah memproses sejumlah kasus ASN. “BAwaslu sangat berharap ASN tetap menjaga netralitas dan profesionalitas dengan tidak mengunggah atau menanggapi di sosial media terkait pemilihan kepala daerah,”pintahnya.

Asman Jamel berharap ASN di Halsel juga komitmen bagaimana mengawal demokrasi dengan baik dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Ketika sudah memilih sebagai ASN, sudah menjadi pilihan sehingga harus komitmen sepenuh hati. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed