oleh

Kades Diharapkan Kreatif Membangun Desanya

MABA,MSC-Bupati Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muhdin Ma’bud mengimbau kepada seluruh kepala desa (Kades) yang ada di Kabupaten Haltim untuk bekerja rajin dan kreatif dalam membangun desanya.

Dengan demikian kata Bupati, program pembangunan tidak semua harus dibebankan kepada Daerah, akan tetapi Desa juga dituntut untuk lebih kreatif dengan menafaatkan pengunaan Dana Desa (DD) sehingga itu dalam progres pembangunan tidak semuanya harus menunggu dari Pemerintah Darah.

“Bukan hanya di Nyaolako yang harus kita bangun, sukur kalau di Nyaolako sudah bisa kita tempuh dengan mobil sementara di Kecamatan lain Maba Utara misalnya, disana masih menggunakan Pambot karena jalan belum selesai,” kata Bupati saat pencannagan Kawasan Tanpa Rokok di Desa Nyaolako.

Pemda kata Bupati, berkeinginan pembangunan dapat dilakukan disemua desa untuk melayani seluruh lapisan masyarakat, akan tetapi tak semua dapat dipenuhi secara bersama-sama karena harus menghadai dengan keterbatasan anggaran.

Ia juga meminta kepada Kepala Desa Nyaolako agar lebih kreatif mungkin menggunakan Dana Desa untuk membangun Desa bukan hanya harus menunggu Pemkab yang memberikan. Sebab kata dia jumlah DD yang begitu besar sangat cukup untuk pembangunan desa dimana berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah.

“Memang kalau jumlah penduduk dan luas wilayah yang kecil tentu anggarannya juga akan kecil tapi tidak membatasi kretativitas kita untuk membangun Desa, makanya harus sangat mempertajam progres pembangunan yang direncanakn oleh Pemerintah Desa,” ujarnya. (can).

Bagikan

Komentar

News Feed