oleh

Dua Warga Maluku Utara Masuk Kategori PDP Covid-19, Dirujuk ke RSUD Chasan Bosoirie

TERNATE,MSC-Dua orang warga Maluku Utara kini telah dirujuk dan diisolasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Bosoirie Ternate, sebagai rumah sakit rujukan penanganan Virus Corona (Covid-19).

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr. Rosita Alkatiri, M.M. Kes dalam keterangan pers Jumat, (20/03/2020) mengatakan, kedua pasien tersebut merupakan rujukan dari Rumah Sakit Jailolo, Halmahera Barat dan Rumah Sakit Labuha Halmahera Selatan.

“Keduanya masuk dalam ketegori Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan setelah tiba di RS Chasan Bossoirie langsung dilakukan pengambilan specimen untuk mengkrocek,” ungkap Rosita Alkatiri.

Terhadap kedua pasien tersebut, lanjut Rosita Alkatiri memilik riwayat berpergian ke wilayah yang terjangkit dan memiliki riwayat demam. “Keduanya merupakan PDP karena memiliki riwayat atau kategori sebagaimana dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Lebih jauh Rosita Alkatiri menjelaskan, sesaui dengan SOP satu orang dalam pengawasan, maka dilakukan pengambilan specimen minimal sebanyak empat kali. Dari hari pertama setelah itu akan dilakukan pengecekan kembali dan jika pasien itu negaitif maka akan diumumkan.

Berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan, untuk wilayah Malut memiliki rujukan ke Litbangkes Kemenkes di Jakarta. “Hasilnya, kita akan sesuaikan dengan pihak Libang kemenkes. Akan tetapi untuk hasil Covid-19 selalu mendapatkan prioritas untuk segera dirilis setelah melapor ke pusat sesuai dengan alur rujukannya,”ujarnya. (ipi/red)

Bagikan

Komentar

News Feed