oleh

Selain Chasan Bosoirie, Enam Rumah Sakit Disiapkan Untuk Pasien Covid-19

TERNATE,MSC-Selain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Bosoirie sebagai rumah sakit rujukan penanganan pasien terjangkit virus corona (covid-19), saat ini juga disiapkan tambahan enam rumah sakit.

Enam tambahan rumah sakit yang disiapkan tersebut masing-masing, RSU Jailolo, RSUD Tikep, RSU Tobelo, RSU Morotai, RSUD Labuha dan RSUD Sanana. Keenam RS tersebut diperuntukan bagi pasien yang berada di wilayah enam kabupaten dan kota, tetapi hanya untuk Pasien Dalam Pengawas (PDP).

“Enam rumah sakit ini untuk pasien di kabupaten dan kota tersebut, tetapi hanya untuk pasien masih terindikasi. Akan tetapi kondisi pasien sudah harus dirujuk, akan langsung diteruskan ke RSUD Chasan Bosoirie,”ungkap Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku Utara, Samsudin A. Kadir, Kamis (26/03/2020).

Hal ini juga kata Samsudin, untuk mengantisipasi lonjakan pasien karena semua tak harus ke RSUD Chasan Bosoirie. “Ya seperti yang saya bilang, kalau belum harus dirujuk ke Ternate, cukup ditangani di daerah masing-masing,”kata Sekprov Malut.

Pemda Provinsi melalui Gugus Tugas akan menyumplai kebtuhan Alat Pengaman Diri (APD) ke masing-masing rumah sakit tersebut. Hanya saja untuk RSU Sanana Pemda Sula telah menyiapkan sendiri.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr. Idhar Sidi Umar menuturkan, untuk SDM khususnya tenaga dokter pada enam RS tersebut dapat sudah mampu mengangani pasien yang baru terindikasi.

Sedangkan untuk RSUD rujukan Chasan Bosoirie sudah memiliki sejumlah dokter spesialis termasuk spesialis paru yang khusus menangani pasien yang sudah terpapar virus corona.

“Kalau untuk SDM di enam RS sudah mampu, nanti di RSUD Chasan Bosoirie sudah memiliki sejumlah dokter spesialis,”katanya.

Untuk bantuan tenaga medis, sebagaimana yang diantisipasi gugus tugas dengan merekrut ratusan sarjana kesehatan yang saat ini telah memasukan lamaran.

“Mereka yang melamar tinggal menunggu persetujuan Pemprov dan mungkin sebagaian Pemkot Ternate sebagaimana yang diingnkan Sekprov,”katanya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed