oleh

Penanganan COVID-19 di Maluku Utara, Koordinasi Lintas Belum Berjalan Optimal

TERNATE,MSC-Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provisni Maluku Utara, Irman Saleh menilai koordinasi lintas kepala daerah dalam rangka penanganan virus Corona belum terbangun dengan baik. Selain lintas kepala daerah, anggota DPR RI, DPD RI dapil Malut juga harus tunjukkan eksistensi.

Dia mengatakan, kepala daerah, anggota DPR dan DPD RI Dapil Malut harus tahu bahwa masyarakat sementara ini tergiring dalam suasana ketakutan. Sehingga itu, masyarakat butuh sosok yang mampu meyakinkan mereka untuk keluar dari suasana ketakutan.

“Kita harus bangkitkan aura optimisme, bahwa Malut akan mampu melalui masa – masa sulit ini. Nah, selain dokter yang tentu memiliki keahlian, justru kepala daerah, anggota DPR dan DPR RI punya kapasitas untuk memberi semangat masyarakat agar tetap optimis dan selalu taat pada semua aturan yang sudah dikeluarkan pihak berwenang,”ungkap Irman Saleh, Minggu (29/03/2020)

Irman mengatakan, anggota DPR dan DPD RI harus muncul dan lakukan sesuatu. Anda jangan muncul saat dekat pemilihan legislatif. “Tolong tunjukan kalau anda itu wakil rakyat dan daerah. Jangan anda sembunyi disaat masyarakat alami kesulitan,”katanya.

Bagi KNPI lanjut Irman, jika gubenur, bupati dan walikota tetap mempertahankan ego, maka publik akan terus tergiring pada situasi yang kian buruk. KNPI sarankan segera permantap koordinasi agar penanganan berjalan efektif.

Sebab kata Irman, situasi yang sulit ini adalah momen yang tepat bagi kepala daerah untuk menunjukan keseriusan dan kepedulian dalam melayani masyarakat. Kalau dalam situasi yang sulit ini justru kepala daerah, anggota DPR dan DPD RI hanya diam, maka benar dugaan publik selama, kalian hanya pentingkan urusan pribadi dan kelompok.

Anggota DPRD Provinsi, kabupaten dan kota juga harus ambil langkah. Jangan diam, karena masyarakat butuh kalian. “Masyarakat tidak butuh uang kalian, tetapi masyarakat butuh kehadiran kalian,”sebutnya.

Untuk itu kata Irman, segera bangun komunikasi dengan TNI-Polri dan tim Gugus Tugas, sehingga penanganan Corona terlaksana dengan baik, termasuk dalam rangka membangun optimisme masyarakat. Kepala daerah harus fokus penanganan Corona, Jang dulu terjebak untuk sikapi hoaks, kerena hoaks itu sudah ada yang tangani.

“KNPI juga menyatakan ke wakil rakyat provinsi agar tidak saling debat di internal. Anda harus ingat bahwa masyarakat tidak butuh perdebatan kalian di deprov soal penanganan Corona, masyarakat butuh sekarang adalah kehadiran kalian. KNPI sarankan, jangan dulu berpolitik di tengah situasi yang buruk ini,”kata Irman Saleh. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed