oleh

Lima Point Sultan Bacan Untuk Penanganan Virus Corona

TERNATE,MSC-Wabah virus corona (Covid-19) yang turut melanda Provinsi Maluku Utara, bahkanjuga telah ditemukan 1 penderita positif Covid-19. Hal ini memicu kepanikan warga sampai-sampai banyak desa melakukan ‘karantina’ secara mandiri wilayah mereka.

Akan hal tersebut, Sultan Bacan Al-Hajj Abdurrahim Muhammad Gary Dino Ridwan Sjah (Ou Gery) memberikan lima point untuk wilayah kabupaten Halmahera Selatan. Lima point tersebut diputuskan Rapat khusus pada 28 Maret 2020 (malam hari) melalui teleconference antara Sultan dan sejumlah perangkat Kesultanan.

Diantaranya, Sultan Bacan menghimbau kepada Pemerintah Halmahera Selatan untuk lockdown (karantina) keluar dan masuk Halmahera Selatan seperti yang dilakukan Pemda kabupaten Morotai.

Termasuk menghentikan sementara perjalanan dinas ke luar Halmahera Selatan oleh ASN dan anggota Dewan. Karena baik jalur bandara maupun Pelabuhan merupakan tempat yang rentan terjadinya penyebaran Virus Corona.

“Pendatang harus isolasi-mandiri, termasuk TKA yang ada di perusahaan-perusahaan tambang khususnya di Obi,” ungkap Ou Gery dalam point kedua.

Sementara point ketiga, hendaknya masyarakat tidak melakukan kegiatan atau kerumunan apapun dalam masa isolasi atau melakukan aktivitas di dalam rumah kecuali untuk aktivitas yang esensial seperti membeli bahan makanan, berobat/beli obat atau aktivitas yang mendesak bagi keselamatan/kesehatan tentunya dibekali masker.

Pada point ke empat, menjalankan pola hidup sehat dan bersih seperti yang diajarkan Rasulullah SAW, menjaga wudhu, serta mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setiap awal dan akhir dari aktivitas luar rumah.

Sementara point lima, kata Ou Gery, tentunya yang tak kalah pentingnya senantiasa berdo’a dan berzikir kepada Allah SWT, serta membaca qunut Nazilah dalam setiap waktu-waktu sholat.

“Kita lakukan (proses ikhtiar ini) dengan kesadaran dan keyakinan serta diiringi dengan do’a, karena Insyaa Allah ujian ini akan ada akhirnya. Dan Allah akan memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang sabar,”tegas Ou Gery. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed