oleh

Penumpang di Bandara Babullah Suhu Tubuh Sudah Terekam Thermoscanner

TERNATE,MSC-Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Ternate, Rini Apriany, SKM mengaskan, bandara Babullah Ternate sudah dilengkapi dengan alat pengukur suhu tubuh yaitu Thermoscanner.  

Alat Thermoscanner dipasang pada pintu kedatangan, sehingga setiap penumpang yang keluar bandara sudah langsung terdeteksi suhu tubuhnya yang langsung dipantu oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Ternate.

“Di pintu keluar ruangan kedatang telah terpasang Thermoscanner, sehingga setiap penumpang yang keluar pasti terrekam suhu tubuhnya,” ungkap Rini Apriany saat menghubungi malutsatu, Kamis (02/04/2020).

Lanjut Rini, dalam hal penanganan pencegahan COVID 19, KKP Kelas II Ternate bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Ternate untuk pemeriksaan dan pemantauan suhu tubuh penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan.

Kerjasama itu dilakukan, lanjut Rini untuk mempermuda kerja petugas, jika dibandingkan dengan menggunakan thermometer infrared atau alat seperti pistol. “Kalau pakai alat seperti pistol yang anda lihat, itu akan setiap penumpang keluar diletakan di testa memakankan waktu cukup lama karena harus satu per satu,” katanya.

Akan tetapi lanjut Rini, dengan menggunakan Thermoscanner  setiap penumpang yang keluar langsung terdeteksi dan terekam dalam komputer monitoring yang dipantau langsung operator.

Jika ditemukan penumpang yang suhu tubuhnya diatas normal, maka akan diambil data penumpang tersebut dan dikoorinasikan dengan petugas kesehatan gugus tugas kota Ternate, untuk diambil langka-langka penanganan selanjutnya berdasarkan protokuler penanganannya.

Rini Apriany mengaku, setiap hari penumpang yang masuk dan keluar melalui Bandara Babullah Ternate sudah terdeteksi terkait dengan suhu tubuh.

“Yang pasti setiap penumpang masuk keluar melalui bandara Babullah sudah terdeteksi semuanya,”katanya. Seperti diketahui, berdasarkan data rata-rata dalam sehari penumpang yang masuk ke Ternate melalui Bandara Sultan Babullah sebanyak 1.000 orang. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed