oleh

Satu Lagi PDP Asal Tobelo Dirujuk ke RSUD Chasan Bosoirie

TERNATE,MSC-Satu lagi pasien asal Tobelo Halmahera Utara dirujuk ke Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Chasan Bosoirie Ternate, tiba sekitar pukul 12.40 waktu timur Indonesia, Minggu (5/4/2020).

Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki, nampk terlihat tiga orang petugas medis yang menjemput menggunakan sergama Alat Pengaman Diri (APD) lengkap. Pasien langsung dibawa ke RSUD Chasan Bosoirie dengan menggunakan mobil ambulance.

Dalam protokol Covid 19 yang dikeluarakan pemerintah menyebutkan, bila keluhan berlanjut dan disertai sesak nafas, maka disarankan untuk segera periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan. Pada saat berobat disarankan menggunakan masker, jika tak memiliki masker, saat batuk atau bersin disarankan menutupnya dengan punggung tangan.

Setelah di lokasi fasyankes, nantinya petugas akan melakukan screening suspect corona. Jika memenuhi kriteria suspect Covid 19, maka anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit (RS) rujukan yang siap untuk penanganan Covid 19.

Jika tidak memenuhi kriteria suspect Covid 19, maka anda akan dirawat inap atau rawat jalan tergantung diagnosa dan keputusan dokter fasyankes. Jika anda memenuhi kriteria suspect corona akan diantar ke RS rujukan menggunakan ambulan fasyankes didampingi oleh tenaga kesehatan yang menggunakan alat pelindung diri.

Di RS rujukan, akan dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan laboratorium dan dirawat di ruang isolasi. Spesimen akan dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta.

Jika hasilnya positif, maka akan dinyatakan sebagai penderita corona. Sampel akan diambil setiap hari, dan akan dikeluarkan dari ruang isolasi jika pemeriksaan sampel dua kali berturut-turut hasilnya negatif.

“Jika hasilnya negatif, anda akan dirawat sesuai dengan penyebab penyakit,” kata dr Rosita Alkatiri juru bicara Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara dalam siaran pers. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed